Volvo Vera, Truk Otonom Bertenaga Listrik Yang Punya Desain Unik

Volvo Vera. Sumber: newatlas.com

Siapa bilang moda otonom hanya bisa digunakan untuk angkutan orang saja? Tidak juga lho! Baru-baru ini, raksasa otomotif asal Gothenburg Swedia, Volvo diketahui baru saja merilis truk otonom berbasis tenaga listrik yang ditujukan untuk sejumlah operasi pengangkutan alat-alat berat di pelabuhan. Alih-alih memiliki bentuk layaknya kebanyakan truk konvensional, moda yang diberi nama Volvo Vera ini punya desain yang unik, yaitu tanpa atap.

Baca Juga: Volvo Rilis Dua Model Bus Terbaru Untuk Wisata dan Perjalanan Jarak Jauh

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (13/9/2018), tidak hanya di pelabuhan, hadirnya truk otonom bertenaga listrik ini juga dirancang untuk ‘meringankan’ beban-beban berat di sekitar pabrik, pusat logistik, dan tempat-tampat lain dimana barang masih dipindahkan secara manual.

Jika dilihat dari model luarnya, Volvo Vera mirip dengan T-log Einride, dimana Anda tidak akan menemukan kabin penumpang sama sekali – namun tetap mempertahankan fungsi kaitan barang pada bagian belakangnya. Dengan mengadopsi tipe driveline dan baterai dari truk listrik pertama Volvo yang diperkenalkan awal tahun 2018 kemarin, Volvo Vera dirancang untuk melakukan perjalanan jarak pendek berulang (bolak-balik) dengan muatan yang besar dan berat.

Seolah mencuri start dari para kompetitornya, pihak Volvo menyadari betul pernanan dari sebuah inovasi. “Kita dapat melihat lonjakan jumlah e-commerce belakangan ini, yang juga disertai dengan konsumsi global secara keseluruhan yang semakin menanjak – dan itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat,” kata Mikael Karlsson, Vice President Autonomous Solutions di Volvo.

“Industri ini (angkutan kargo) perlu menemukan cara baru untuk memenuhi peningkatan permintaan transportasi dengan cara yang lebih efisien dan berkelanjutan. Oleh karena itu, solusi baru perlu dikembangkan untuk melengkapi apa yang tersedia saat ini,” tandas Mikael.

Baca Juga: Volvo Indonesia Segera Hadirkan Bus AKAP

Belum banyak informasi yang dibocorkan oleh Volvo tentang masa depan dari truk otonom bertenaga listrik ini, namun jika mengacu pada truk listrik pertama Volvo, kemungkinan Volvo Vera akan dilengkapi dengan motor listrik 185 kW, paket baterai lithium-ion berdaya 100 dan 300 kWh, dengan jangkauan hingga 300 km (186 mil).

Dikutip dari laman sumber lain, Volvo Vera mampu mengangkut beban seberat 32 ton, “dan dirancang ramah lingkungan, rendah emisi, dan memilik tingkat kebisingan yang rendah,” tambah Mikael. “Dalam waktu dekat, kami akan merilis Volvo Vera.” Tutupnya.