Waduh, Pilot Ryanair Operasikan Pesawat Sambil Mainin “Ayam-ayaman”

0
Pilot Ryanair kedapatan menggunakan ayam karet mainan untuk mendorong throttle. Foto: The Sun

Profesi pilot umumnya identik dengan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi, mengingat sedikit saja kesalahan bisa berakibat fatal. Namun, label seperti itu sepertinya sama sekali tak terlihat sedikit pun ketika melihat pilot Ryanair.

Baca juga: Pertama di AS, Pilot Pengidap Diabetes Terbangkan Pesawat Komersial

Belum lama ini, dua oknum pilot maskapai berbiaya murah asal Irandia tersebut menjadi sorotan akibat aksi tak terpujinya. Betapa tidak, alih-alih melakukan tugas-tugas mengoperasikan pesawat Boeing 737-800 dengan fokus dan khidmat, oknum tersebut justru menyisipkan sisi humornya di saat yang tepat.

Laporan The Sun, sebagaimana dikutip nzherald.co.nz, dua oknum pilot tersebut kedapatan melakukan tindakan tak terpuji saat berusaha mendorong throttle dan menggantungkan manik-manik sebelum mulai lepas landas.

“Oknum tersebut menggunakan ayam karet mainan untuk memindahkan instrumen sebelum lepas landas,” kata seorang sumber.

“Ini sangat tidak profesional dan membuatku khawatir dengan apa lagi yang terjadi di kokpit. Ini adalah tindakan yang mengerikan untuk Ryanair,” tambahnya.

Manik-manik dan kertas turut menjadi ‘wadah’ hiburan pilot Ryanair. Foto: The Sun

Selain menggunakan ayam mainan untuk mendorong throttle, menggantungkan manik-manik, dan mengganjal throttle dengan kertas, oknum pilot Ryanair itu juga kedapatan berpose dengan mata juling dan lidah menjulur.

Atas berbagai tindakan tersebut, juru bicara Ryanair menyebut pihaknya sudah mulai menyelidiki kasus ini. Mereka juga berjanji bahwa kejadian serupa tidak akan pernah terulang kembali di masa mendatang, sekalipun oknum tersebut melakukan tindakan tak profesional itu sebelum penerbangan dimulai atau selagi menunggu seluruh penumpang masuk ke dalam kabin.

“Foto-foto ini dan video yang beredar terjadi saat mesin masih dalam keadaan mati dan pesawat masih berada di apron. Namun, foto-foto tersebut tetap tidak profesional. Meski demikian, tindakan seperti itu tetap tidak menimbulkan risiko besar serta gangguan keselamatan,” jelasnya.

“Kami mendorong kru kami untuk menikmati pekerjaan mereka. Namun, kami berharap mereka tetap profesional setiap saat dan kami sedang menyelidiki masalah ini lebih lanjut,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam menjalani tugas, pilot dibatasi dengan sejumlah peraturan, baik berupa kesehatan sebagai syarat sebelum terbang maupun berupa larangan mengoperasikan pesawat atau biasa dikenal sterile cockpit rule.

Sterile cockpit rule merupakan aturan yang wajib ditaati pilot –termasuk oleh awak kabin- selama dalam penerbangan, mulai lepas landas sampai mendarat. Di bawah aturan tersebut, pilot memang tak bisa berbuat banyak kecuali fokus pada hal-hal berkenaan dengan operasional penerbangan.

Baca juga: Sterile Cockpit Rule, Inilah Aturan yang Melarang Pilot dan Kopilot ‘Ngobrol’ Selama Penerbangan

Pilot dan kopilot baru diizinkan melakukan hal-hal atau membawa sesuatu di luar operasional penerbangan, seperti menggunakan telepon seluler, memfoto panorama sekitar, main laptop, melihat pemandangan di daratan, ngobrol , dan kegiatan lainnya ketika pesawat berada di atas ketinggian 10 ribu kaki. Di bawah itu, mereka sama sekali tak bisa berbuat banyak.

Namun perlu diingat, sekalipun pesawat sudah berada pada ketinggian di atas 10 ribu kaki, aturan makan dan minum di kokpit pada umumnya tetap tidak diperbolehkan seiring terjadinya masalah. Di akhir tahun lalu dan awal tahun ini, misalnya, insiden tumpahan kopi atau minuman lainnya telah menyebabkan kerusakan panel center pedestal dan pada akhirnya mempengaruhi kinerja pesawat.

Leave a Reply