Wah Ternyata Ada Loh Hari Bahasa Bajak Laut Internasional

0
ilustrasi bajak laut (job-like.com)

Hari Kasih Sayang atau Valentine, Hari Ibu, atau hari-hari lainnya sering kali diperingati dengan jelas. Bahkan peringatan ini sendiri sering dilambangkan dengan berbagai macam benda yang diberikan seperti cokelat, bunga dan lainnya.

Baca juga: 10 Kapal Misterius Ini Ditemukan Tanpa Awak

Namun, tahukah Anda bahwa ada Hari Bahasa Bajak Laut Internasional? Mungkin di Indonesia tidak akan tahu dan ternyata ini ada, serta dirayakan setiap tanggal 19 September setiap tahunnya.

Hari Bahasa Bajak Laut Internasional atau International Talk Like a Pirate Day merupakan hari libur parodi yang dibuat tahun 1995 silam oleh John Baur (Ol’ Chumbucket) dan Mark Summers (Cap’n Slappy), dari Albany, Oregon. Mereka memproklamirkan setiap tanggal 19 September dan semua orang di dunia harus berbicara layaknya seorang bajak laut.

Di mana setiap orang yang merayakan hari ini akan memberi sapaan kepada temannya bukan dengan “Halo, semuanya!” tapi dengan “Ahoy, maties!”

Penasaran kenapa bisa ada Hari Bahasa Bajak Laut Internasional? Setelah KabarPenumpang.com melakukan penyelidikan di berbagai laman sumber, ternyata menurut Summer, ini adalah satu-satunya hari libur yang diketahui terjadi akibat cedera olahraga. Selama pertandingan bola raket antara Summers dan Baur, salah satunya terkena pukulan dan bereaksi akibat kesakitan dan berteriak “Aaarrr!”, sehingga ide tersebut lahir.

Mereka melakukan permainan tersebut pada 6 Juni 1995, tetapi untuk menghormati pendaratan Normandia keduanya memilih ulang tanggal yakni ulang tahun dari istri Summer sehingga mudah untuk mengingatnya. Awalnya bisa dikatakan ini hanya candaan antar dua orang sahabat dan mereka mengirimi surat tentang liburan yang mereka ciptakan kepada kolumnis atau jurnalis humor Amerika Dave Barry tahun 2002.

Ternyata ide ini disukai Barry dan mempromosikan hari itu serta memunculkan cameo dalam video “Drunken Sailor” Sing Along A-Go-Go mereka. Karena antusiasme, maka acara ini dirayakan secara internasional bahkan sebagian dari keberhasilan penyebaran liburan internasional telah dikaitkan dengan non pembatasan ide atau non merek dagang yang pada dasarnya membuka liburan untuk kreativitas dan pertumbuhan viral.

Asosiasi bajak laut dengan pasak, burung beo dan peta harta karun, yang dipopulerkan dalam novel Treasure Island karya Robert Louis Stevenson (1883), memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budaya parodi bajak laut. Talk Likea Pirate Day dirayakan dengan fitur telur paskah tersembunyi di banyak game dan situs web, dengan Facebook memperkenalkan versi terjemahan bajak laut dari situsnya di Talk Likea Pirate Day 2008.

Baca juga: Yuk Kenali “Ganasnya” Laut Dengan Level Sea State

Bahkan seorang aktor Inggris yakni Robert Newton dikatakan sebagai “santo pelindung” Talk Likea Pirate Day. Hal tersebut karena dirinya memerankan bajak laut dalam beberapa film terutama Long John Silver dalam film Disney tahun 1950 Treasure Island dan film Australia tahun 1954 Long John Silver dan karakter judul dalam film di tahun 1952 Blackbeard the Pirate .

Leave a Reply