WIFI @ DB Layanan Internet Baru dari Operator Kereta Deutsche Bahn

0
(globalrailwayreview.com)

Deutsche Bahn, operator kereta di Jerman meluncurkan layanan internet baru dan gratis dengan nama WIFI @ DB. Bahkan seluruh armada DB ICE, lebih dari 100 stasiun kereta, semua lounge DB dan kereta bus regional pertama sudah terhubung. Bahkan hingga akhir tahun 2020, lebih dari 130 stasiun kereta akan mulai menyediakan layanan itu.

Baca juga: Jangan Sembarangan Gunakan WiFi Gratisan, Berikut Tips Keamanan Data dari FBI

KabarPenumpang.com melansir laman globalrailwayreview.com (25/9/2020), saat ini kereta IC juga dilengkapi dengan WLAN dan juga menerima WIFI @ DB secara langsung. Sedangkan beberapa ratus kereta dan bus regional lainnya akan menyusul pada 2021 mendatang.

DB sendiri saat ini telah menginvestasikan 200 juta euro untuk memperluas infrastruktur teknis WLAN di stasiun, kereta dan bus beberapa tahun terakhir. Hal ini memudahkan para pelancong akan dapat berselancar dengan bandwith tinggi, waktu tidak terbatas dan sepenuhnya tidak berbayar alias gratis.

“Konektivitas yang mulus berarti lebih banyak kenyamanan bagi komuter dan pelancong bisnis, yang dapat menjelajahi web secara terus menerus di kereta, di stasiun dan di DB Lounge dan tidak perlu masuk lagi untuk perjalanan pulang,” jelas Anggota Dewan DB untuk Digitalisasi dan Teknologi Prof. Sabina Jeschke.

Jeschke mengatakan, setelah masuk, perangkat secara otomatis terhubung ke WIFI @ DB terdekat. Diketahui, sekitar 44 juta euro saat ini diinvestasikan dalam perluasan WLAN di lebih dari 130 stasiun kereta saja. Sejauh ini, 3800 titik akses telah dipasang dan 230 km kabel telah dipasang.

Saat ini, WIFI @ DB tersedia di stasiun kereta utama di Berlin, Cologne dan Hamburg, tetapi juga di Westerland di Sylt, Straubing dan Trier. Meskipun ICE telah menawarkan WiFi gratis sejak 2017, cakupan yang memadai di sepanjang jalur rel masih menjadi masalah bagi mereka yang online di kereta.

Baca juga: Sukses Hadirkan WiFi Gratis di 400 Stasiun India, Kini Google Rambah Ruang Publik Lain

Perluasan jaringan adalah tanggung jawab operator jaringan seluler, sebagaimana ditentukan dengan jelas oleh Badan Jaringan Federal. Perkeretaapian terpenting harus dilengkapi dengan jangkauan seluler pada akhir tahun 2022, dan semua rute kereta api pada akhir tahun 2024. Dengan demikian, operator jaringan kereta api dan seluler bekerja sama secara erat untuk meningkatkan konektivitas.

Leave a Reply