Jangan Sembarangan Gunakan WiFi Gratisan, Berikut Tips Keamanan Data dari FBI

0

Liburan bebas peretas bisa saja terwujud jika pelancong tahu cara untuk mengamankan perangkat ponsel pintarnya. Pasalnya ketika bepergian, para penjahat siber juga mulai berselancar di media sosial melalui banyak cara.

Baca juga: Takut Data Pribadi Anda Diretas, Ini Dia Fakta dan Tips Untuk Mencegahnya!

Nah, FBI atau Federal Bureau of Investigation memiliki kiat agar pelancong bisa menikmati liburan tanpa haru takut kejahatan siber. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman techrepublic.com (18/12/2019), berikut beberapa tips atau kiat menangkal kejahatan siber dari FBI.

#1 Nonaktifkan koneksi instan untuk membuka jaringan WiFi
Jaringan WiFi yang terbuka dan tidak aman adalah mimpi buruk keamanan dan harus dihindari dengan cara apapun. Permasalahannya banyak perangkat yang dikonfigurasikan secara default untuk menerima semua koneksi dari jaringan WiFi tidak aman terdekat. ini yang membuka area penyerangan dan bisa memuat malware, pencurian data dan lainnya. Untuk menghindarinya, pelancong bisa melakukan pengaturan nonaktif koneksi WiFi otomatis dan mencoba masuk ke jaringan WiFi baru.

#2 Periksa nama jaringan sebelum bergabung
Bila berada di hotel, ruang tinggi bandara, restoran ataupun tempat lain, banyak jaringan WiFi aman yang tersedia untuk pelanggan. Tapi ini pun terkadang masih tidak aman, sebab penjahat cyber bisa mengakses titik WiFi dan membuat konfigurasi jaringan dengan nama yang sama serta berharap pelancong tertipu. Sehingga pelancong diharapkan memeriksa jaringan yang benar adalah nama yang tepat.

#3 Jika WiFi tanpa jaminan diperlukan, jangan lakukan hal sensitif
Berada di dalam situasi harung menggunakan jaringan WiFi tidak aman, jangan pernah melakukan hal sensitif. Hal sensitif seperti transaksi perbankan, pembelian atau apapun dengan akun yang ama. Sebab ini memudahkan penjahat siber untuk mencuri kresendial pelancong. Seiring dengan kehadiran WiFi publik, pelancong juga harus menghindari penggunaan stasiun pengisian daya publik. Sebab, yang terlihat seperti port USB bisa saja digunakan untuk mencuri data. Jika membutuhkan pengisian baterai bawa adaptor steker listrik dan cari soket untuk charger.

#4 Gunakan fitur hotspot WiFi pribadi
Gunakan hotspot pribadi untuk mengindari pencurian data oleh penjahat siber. Pastikan hotspot ini punya kata sandi yang rumit dan pelancong menjadi satu-satunya yang terhubung daripada berada di jaringan WiFi apapun.

#5 Menyiapkan WiFi untuk tamu
Sebagian besar router dan modem WiFi modern memiliki kemampuan untuk menyiarkan beberapa jaringan, termasuk mengatur jaringan tamu yang memisahkan lalu lintas Anda dari milik teman dan keluarga. Anda tidak pernah tahu apakah seseorang yang tinggal di rumah Anda menggunakan perangkat yang tidak aman atau rusak, sehingga membuat jaringan terpisah selalu merupakan tindakan pencegahan yang baik.

#6 Nonaktifkan layanan lokasi saat bepergian
Menyiarkan lokasi Anda dengan mem-posting di media sosial, masuk dari tempat yang tidak dikenal, dan melakukan bisnis internet lain yang berbagi lokasi Anda memberikan penjahat indikator yang baik bahwa Anda tidak di rumah. Matikan semua berbagi lokasi saat Anda pergi agar rumah Anda lebih aman.

Baca juga: Pastikan Akses Free WiFi di Bandara Aman dari Peretasan, Tips Ini Layak Anda Perhatikan!

#7 Jangan memposting gambar atau memposting tentang perjalanan liburan
Mungkin sulit, tetapi hindari posting tentang rencana liburan Anda dan berbagi foto kumpul-kumpul keluarga, setidaknya sampai Anda tiba di rumah. Adalah satu hal bagi penjahat yang cerdas untuk menggunakan data lokasi untuk mencari tahu ketika Anda tidak di rumah, tetapi tidak perlu banyak upaya untuk menggunakan pos media sosial publik agar seseorang dapat melihat ketika Anda pergi.

Leave a Reply