Wisatawan Indonesia Menjadi Yang Paling Digital Ketiga Dunia

Teknologi semakin hari semakin maju dan membuat wisatawan masa kini pun tak luput menggunakannya. Sebab, sekarang ini teknologi mampu membantu para pelancong menikmati liburan seperti perencanaan, mencari penginapan dan transportasi (pemesanan), tempat wisata sampai mencari rute termudah untuk sampai ke tujuan.

Baca juga: 8 Aplikasi Ini Bisa Maksimalkan Anda Selama Melancong di Negeri Orang

Tak hanya itu, bisa dikatakan, era digital saat ini menjadi kebutuhan pokok para pelancong. Nah, dari hasil survei sebuah lembaga yakni Travelport mengatakan wisatawan Indonesia berada di urutan ketiga paling digital di dunia setelah India dan Cina.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai sumber, hasil ini didapat setelah mensurvei 11 ribu responden di 19 negara dengan rentang usia 19-55 tahun pada Agustus 2017 kemarin. Managing Director Asia Pasific Travelport, Mark Meehan mengatakan 93 persen responden mengandalkan foto dan video dari media sosial sebagai pilihan destinasi.

Sebanyak 71 persen responden melalui pencarian lewat suara dan 84 persen masih bertanya pada konsultan wisatawan profesional. Sedangkan untuk pemesanan perjalanan, pelancong Indonesia banyak yang memilih hotel dengan fasilitas WiFi di kamar mereka.

“Wisatawan Indonesia akan menolak jika hotel men-charge untuk WiFi, sekitar 63 persen angkanya, beda sedikit dari angka global 61 persen,” ungkap Meehan.

Dari hasil survei juga didapat 68 persen pelancong saat ini melakukan booking melalui ponsel pintar mereka, bahkan untuk corporate trip pun diketahui 35 persen melakukannya melalui aplikasi mobile. Sedangkan 43 persen responden mengatakan frustasi bila harus memesan melalui elemen perjalan secara terpisah seperti booking tiket pesawat, hotel atau trip wisata mereka.

Dalam perjalanan tripnya, 80 persen responden lebih menyukai boarding pass digital dan eticketing. Sementara itu 84 persen responden merasa penting untuk dapat melakukan kontak saat bepergian dan selama perjalanan rata-rata para pelancong mengandalkan 19 aplikasi.

Baca juga: 5 Mitos Seputar Online Travel Agents yang Terbantahkan

“Ada 264 juta penduduk di Indonesia, dengan 50 persen pengguna internet, 44 persen aktif di media sosial, 141 persen terkoneksi dengan handphone, dan 40 persen pengguna media sosial yang aktif. Tidak heran jika model bisnis (travel) berganti menjadi mobile,” kata Meehan.

Berikut ini urutan wisatawan terdigital di dunia:
1. India
2. Cina
3. Indonesia
4. Brazil
5. Arab Saudi
6. Meksiko
7. Afrika Selatan
8. Uni Emirat Arab
9. Kolombia
10. Italia