Wow, Toilet Umum di Jepang Dibuat Transparan

0
Toilet transparan di Jepang. Foto: Mothership

Di department stores, restoran, cafe, atau bahkan di rumah maupun apartemen, kamar kecil di Jepang merupakan tempat yang takkan terlupakan karena teknologinya yang tingkat tinggi, sangat bersih, dan sangat nyaman.

Baca juga: Selundupkan Emas di Toilet Pesawat, Warga Jepang Berusaha Hindari Pajak Barang Mewah

Tak hanya itu, di salah satu distrik khusus kota Tokyo, Jepang, Shibuya, bahkan mempunyai toilet umum transparan yang terletak di pinggir jalan. Penasaran?

Dikutip dari The Space, toilet umum terbaru rancangan Shigeru Ban, seorang arsitek Jepang yang dikenal karena karya arsitektur kertasnya yang inovatif, terutama pendaurulangan tabung kardus yang dimanfaatkan secara efisien untuk membangun hunian bagi korban bencana alam, terbuat dari bahan dasar kaca. Dilihat dari sudut manapun, toilet ini terlihat jelas isi bagian dalamnya. Hal itu jelas bakal mengganggu privasi pengguna dan dijamin membuat warga enggan menggunakannya.

Padahal, toilet umum transparan yang terletak di di taman kota Yoyogi Fukamachi dan Haru No Ogawa di kawasan Kota Shibuya, desain awalnya dibuat untuk meyakinkan orang lain agar menggunakan fasilitas tersebut.

Akan tetapi, sang arsitek tentu punya alasan kuat terkait desain toilet umum transparan itu. Disebutkan, Shigeru Ban memilih desain seperti itu dikarenkan sering terjadinya kesalahpahaman. Maksudnya, toilet yang tak transparan kerap membuat orang lain berusaha memastikan apakah toilet tersebut siap digunakan atau tidak. Cara yang biasa digunakan ialah dengan mendorong pintu toilet.

Dengan dibuat desain toilet transparan, calon pengguna tak perlu repot-repot memastikan hal itu. Jika bagian dalam toilet terlihat jelas, maka toilet siap digunakan. Sebaliknya, jika toilet dalam kondisi buram dan bagain dalamnya tak terlihat sama sekali, itu pertanda toilet sedang digunakan orang lain. Mengaktifkan fitur buramnya juga cukup mudah. Cukup tekan sejenis saklar layaknya mematikan atau menghidupkan lampu, kemudian kunci pintu.

Menariknya, untuk memberi kesan artistik, toilet yang umumnya berjumlah tiga bilik ini, memancarkan cahaya berwarna-warni saat malam hari, sesuatu yang jarang sekali ditemukan di negara-negara lain di luar Jepang. Selain itu, kilauan cahaya juga bertujuan untuk memudahkan calon pengguna menemukan toilet.

Sebetulnya, di Eropa dan Amerika Serikat, teknologi sejenis juga sudah ada. Dilihat KabarPenumpang.com dari Business Insider, teknologi tersebut bahkan diimplementasikan tak hanya pada toilet, namun juga pada bagian lain berbahan dasar kaca, seperti jendela, ruang meeting, ruang kantor, bahkan kaca televisi sekalipun. Untuk kaca televisi, teknologinya cukup keren, saat fitur transparan diaktifkan, maka, pengguna bisa bercermin di sana, jika dinonaktifkan, pengguna bisa menonton televisi.

Kembali ke Jepang, terobosan canggih di toilet tentu bukan pertama kali. Negeri Sakura itu sudah sejak lama terkenal sebagai negara yang konsisten menghadirkan toilet canggih, nyaman, dan bersih. Bahkan, saking canggihnya, bisa dibilang, toilet-toilet di Jepang merupakan yang tercanggih di dunia.

Dihimpun dari berbagai sumber, di Jepang, toilet umumnya memiliki panel kontrol di sisinya dan penghangat tempat duduk yang sangat nyaman saat diduduki, khususnya saat musim dingin. Selain itu, ada juga beberapa tambahan fitur, seperti pengering, pemanas tempat duduk, opsi memijat, pengatur semprotan air, pembuka tutup toilet otomatis, flush otomatis, panel kendali wireless, pemanas ruangan dan pengkondisi udara untuk ruangan, menjadi bagian dari toilet maupun bagian dari tempat duduk toilet.

Fitur-fitur tersebut dapat di akses oleh panel kendali (terkadang bentuknya wireless) yang ditanam di sekitar dudukan toilet maupun dinding terdekat. Panel kendali toilet dapat ditanam di toilet atau di dinding dekat toilet seperti pada gambar di atas.

Baca juga: Bandara Victoria Gelontorkan Rp300 Juta Demi Toilet Khusus Hewan Peliharaan

Di tempat-tempat publik, khususnya di toilet department stores maupun stasiun kereta api, kalian dapat menemukan panel kendali jenis lain. Panel ini disebut “otohime” yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “putri suara”.

Hanya dengan melambaikan tangan di dekat sensor untuk mengaktifkan suara. Suaranya seperti suara flush biasa yang cukup keras untuk menutupi suara-suara memalukan yang mungkin akan Anda keluarkan saat menggunakan toilet. Suara tersebut akan diputar selama 25 detik dan pengguna dapat menekan tombol berhenti untuk menghentikannya kapan saja. Cukup keren, bukan?

 

Leave a Reply