Bandara Victoria Gelontorkan Rp300 Juta Demi Toilet Khusus Hewan Peliharaan

0
Bandara Internasional Victoria sediakan toilet khusus hewan peliharaan. Foto: Victoria International Airport / Twitter

Dunia barat -termasuk Australia- serta beberapa negara maju di dunia santer terdengar sebagai negara yang ramah bagi hewan. Sudah sering dijumpai di berbagai pemberitaan dunia, dimana petugas berjibaku dengan sulitnya medan untuk menyelamatan hewan yang terjebak di berbagai kondisi dan tempat, di ketinggian, gorong-gorong, di gua, dan di berbagai tempat lainnya.

Baca juga: Bandara Helsinki Hadirkan Toilet Khusus Hewan Peliharaan Penumpang

Semangat dan budaya seperti itu nampaknya mulai mengular ke berbagai bandara. Awal Januari lalu, Bandara Internasional Helsinki-Vantaa di Finlandia meluncurkan fasilitas toilet untuk hewan peliharaan yang dibawa penumpang.

Peluncuran toilet hewan peliharaan tentu ada alasannya, dimana menurut data, di Bandara Helsinki lebih dari sepuluh ribu anjing bepergian dengan pemiliknya setiap tahun. Operator bandara Finavia mengatakan puluhan ribu anjing setiap tahunnya membuat mereka untuk merespon penumpang dengan memudahkan membuang kotoran hewan peliharaan di tempat yang disediakan.

Jauh sebelum itu, Bandara Internasional San Diego sudah lebih dahulu menyediakan fasilitas tersebut. Pada Juni 2013 lalu, bandara tersebut menyediakan toilet khusus hewan peliharaan, dalam hal ini anjing, di terminal dua.

Uniknya lagi, kamar mandi tersebut dilengkapi pula dengan fasilitas rumput, hidran, dan wastafel untuk mencuci tangan bagi kalangan pemilik hewan. Selain itu, bandara ini juga memiliki fasilitas pemeliharaan hewan yang terletak di area luar ruangan, diantara terminal satu dan dua.

Dilihat dari waktu dan fasilitas, Bandara Internasional San Diego tersebut sejatinya layak untuk digelari sebagai bandara di dunia yang menyediakan toilet khusus anjing atau hewan peliharaan.

Sebab, sejauh ini, berbagai situs pemberitaan justru menyematkan Bandara Internasional Osaka atau biasa juga disebut Bandara Itami sebagai bandara pertama yang sediakan toilet khusus anjing atau hewan peliharaan pertama di dunia. Padahal, bandara tersebut baru menyediakan fasilitas itu pada pertengahan Mei 2020 lalu, yang mengukuhkannya sebagai bandara pertama yang sediakan fasilitas tersebut di Jepang.

Seolah tak ingin ketinggalan, Bandara Internasional Victoria dilaporkan juga mulai menyediakan fasilitas hewan peliharaan. Fasilitas berupa toilet atau kamar mandi tersebut tersedia di lounge keberangkatan penumpang, lengkap dengan ruang ganti keluarga, ruang ganti dewasa, dan pusat pengaduan hewan peliharaan, demikian laporan situs vancouverisland.ctvnews.ca.

Fasilitas toilet khusus hewan peliharaan dan fasilitas lainnya tersebut merupakan bagian dari proyek perluasan bandara senilai $19,9 juta atau Rp300 jutaan (kurs 14.831) untuk persiapan meningkatnya penumpang pesawat di masa mendatang.

Proyek perluasan bandara juga meliputi perluasan kapasitas maksimum lounge keberangatan penumpang, space baru untuk restoran serta pertokoan lainnya, serta gates baru yang lebih banyak untuk maskapai.

Baca juga: Bandara Itami Buka Toilet Eksklusif Untuk Anjing

Pengerjaan awal proyek tersebut sebetulnya sudah dimulai sejak 2018 lalu. Namun baru masif diberitakan setelah proses pengerjaan rampung baru-baru ini, termasuk kamar mandi atau toilet khusus hewan peliharaan.

Hanya saja, bila di Bandara Helsinki, Bandara San Diego, dan Bandara Osaka disediakannya fasilitas toilet khusus hewan dengan disertai data penumpang yang membawa hewan peliharaan, tidak demikian dengan Bandara Victoria. Namun demikian, besar kemungkinan pengelola bandara menyediakan fasilitas tersebut sebagai respon dari kebiasaan penumpang, dalam hal ini kebiasaan membawa hewan peliharaan.

Leave a Reply