Bandara Itami Buka Toilet Eksklusif Untuk Anjing

0
Toilet khusus anjing di Bandara Itami (japantimes.co.jp)

Anjing punya toilet khusus di bandara? Ya ini sudah ada di salah satu bandar di Finlandia tepatnya di Bandara Internasional Helsinki-Vantaa. Ternyata toilet anjing ini juga menjadi inspirasi salah satu bandara Jepang untuk membuatnya.

Baca juga: Bandara Helsinki Hadirkan Toilet Khusus Hewan Peliharaan Penumpang

Bisa dikatakan Bandara Itami saat ini menjadi yang pertama di Jepang yang menawarkan toilet untuk anjing. KabarPenumpang.com melansir laman japantimes.co.jp (11/2/2020), bandara regional yang juga dikenal sebagai Bandara Internasional Osaka tapi berada di prefektur Osaka dan Hyogo baru-baru ini memutuskan untuk memperkenalkan fasilitas untuk anjing atau hewan peliharaan.

Toilet khusus dan eksklusif tersebut ada setelah Bandara Itami menerima permintaan tidak hanya dari penumpang dengan hewan peliharaan saja, tetapi dari pejabat maskapai penerbangan yang mengeluhkan kecelakaan buang air di pesawat mereka. Bandara dijadwalkan untuk membuka kamar mandi anjing luar ruangan untuk penggunaan sehari-hari dari pukul 05.30 hingga 22.00 waktu setempat.

“Kami berharap (perkenalan) akan mengarah pada pengurangan stres dengan mengizinkan anjing, bersama dengan pemiliknya, untuk pergi ke toilet sebelum naik,” kata Kansai Airports, yang juga mengelola Bandara Internasional Kansai dan Bandara Kobe.

Diketahui, sebagai yang pertama memiliki toilet untuk anjing, Bandara Internasional Helsinki-Vantaa memiliki alasan khusus. Di mana menurut data, dari bandara ini lebih dari sepuluh ribu anjing bepergian dengan pemilik mereka setiap tahunnya.

“Toilet hewan peliharaan menjadi lebih umum di seluruh dunia. Kami ingin berada di garis depan di area ini,” kata Hanna Hämäläinen, direktur layanan perjalanan Finavia.

Menurut Hanna, kehadiran toilet khusus hewan peliharaan ini membuat para pejabat tertarik untuk memastikan bahwa fasilitas hewan peliharaan tetap higienis setiap saat. Toilet dilengkapi dengan pegangan bidet sehingga pemilik bisa membasuh urin hewan peliharaan mereka.

Tak hanya itu, wadah terpisah juga disediakan untuk membuang feses. Toilet hewan di Bandara Helsinki salah satunya terletak di area penerbangan yang menuju ke luar wilayah Schengen Eropa di bagian terbaru bandara. Sedangkan toilet lainnya berada di luar area keberangkatan di Terminal 2.

Baca juga: Mewahnya Airbus A380, Sampai Pilot Miliki Kamar Pribadi dan Toilet Privat di dalam Kokpit

“Kami ingin mengembangkan layanan untuk memastikan bahwa perjalanan berlangsung senyaman mungkin. Ketika hewan peliharaan dapat melakukan hal yang diperlukan, pemiliknya juga akan merasa santai,” jelasnya.

Leave a Reply