Wujud Emansipasi? Ada Ruang Ganti Popok di Toilet Pria di Bandara India

0
(thelogicalindian.com)

Mengganti popok anak selalu dikaitkan dengan seorang ibu dan biasanya mereka mengganti di ruang nursery atau di toilet wanita. Tapi bila hal itu dilakukan oleh seorang pria apakah salah? Sepertinya tidak, karena pekerjaan mengganti popok bukan hanya bisa di lakukan oleh seorang wanita yang merupakan ibu anak, tetapi seorang ayah pun juga harus bisa menggantikan popok anak mereka.

Baca juga: Tujuh Bandara Ini Jadi Yang Terbaik Untuk Fasilitas Nursery Room

Hal ini baru saja diperlihatkan Bandara Internasional Kempegowda di Bangalore, India yang mengambil langkah mengancurkan stereotip gender dan mendapat pujian luar biasa di media sosial karena memiliki ruang penggantian popok di toilet pria. KabarPenumpang.com melansir dari laman scoopwhoop.com (17/9/2019), seorang penumpang dari Maladewa yakni Ali Samhaan melihat sebuah ruang di Bandara Bengaluru dan men-tweet di akunnya tentang keberadaan ruang ganti popok tersebut di toilet pria.

Ali tak hanya mengunggah foto tetapi juga menuliskan Tweet, “Melihat ini di toilet pria Bandara Internasional Bengaluru. Banyak orang terkejut bahwa perbekalan semacam ini tidak lagi hanya terbatas pada ruang wanita. Di zaman sekarang ini, baik pria maupun wanita mengurus tugas-tugas rumah seperti merawat bayi dan seharusnya tidak ada peran gender yang ditentukan sebelumnya.”

Tweet Ali ini mendapat banyak apresiasi dari warganet dan dikomentari. Komentar untuk cuitan Ali tersebut lebih banyak yang positif dan cinta karena tidak hanya seorang ibu, tetapi ayah pun bisa melakukannya.

“Pria mengganti popok dan melakukan pekerjaan rumah. Tidak ada yang salah dalam melakukan pekerjaan rumah kami. Tidak ada buku peraturan di planet ini yang mengatakan hal itu adalah pekerjaan seorang wanita. parenting dan rumah tangga harus dibagi secara adil. Saya mungkin salah dalam masyarakat patriarkal, tetapi saya tidak peduli,” ujar Sham Agasthya yang mengomentari tweet milik Ali.

Archie Hussain mengatakan bahwa hal ini sangat epik. Anusha Abdul Latheef menambahkan, “Satu bandara terbaik yang harus saya katakan.”

Anie juga mengomentari, hebat! Bagus untuk semua ayah dan orang tua tunggal. ThasSimracingGuy menambahkan, ini memecah stereotip.

Bahkan postingan ini dijawab oleh pihak otoritas bandara yang mengatakan, “Kami menerima acungkan jempol untuk ruang ganti popok di toilet pria dan wanita di #BLRairport. Di dunia di mana ibu dan ayah berbagi tanggung jawab membesarkan anak-anak, kami percaya bahwa ini adalah yang harus dimiiliki!”

Baca juga: Megaproyek Kereta Peluru India, Dilengkapi Nursery Room dan Toilet Terpisah

Meskipun fasilitas penggantian popok di bandara baru-baru ini berada di bawah sorotan, Bangalore International Airport Ltd, menunjukkan telah ada di tempat selama lebih dari lima tahun.

“Mereka dilengkapi dengan baik dan memungkinkan orang tua untuk mengubah bayi dalam privasi,” kata juru bicara bandara Bangalore.

Leave a Reply