X-59 QueSST, Pesawat Supersonik Rancangan NASA, Siap Unjuk Gigi Pada 2021

0
X-59 QueSST. Sumber: NASA

Ketika era penerbangan supersonik berakhir pada awal tahun 2000-an yang ditandai dengan berakhirnya operasi dari pesawat Concorde, pemberitaan terbaru datang dari badan antariksa Amerika Serikat, NASA yang berencana untuk menghidupkan kembali era penerbangan super ngebut tersebut. Adalah X-59 QueSST yang kabarnya telah menuntaskan uji penerbangan terakhirnya dan kabarnya akan mulai diproduksi pada tahun depan.

Baca Juga: Lockheed Martin Bocorkan Rencana Garap Pesawat Supersonik yang Senyap!

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman nzherald.co.nz (20/12), NASA mengklaim bahwa X-59 QueSST ini merupakan pesawat supersonik yang tidak terlalu bising, hasil kolaborasinya dengan perusahaan kedirgantaraan Amerika Serikat, Lockheed Martin. Ya, NASA memang terkesan diam-diam dalam mengembangkan proyek ambisiusnya ini, dan tiba-tiba hadir ke publik dengan membawa berita bahwa mereka sudah menyelesaikan uji penerbangan untuk pesawat supersoniknya ini.

“Kami telah menunjukkan bahwa proyek ini berjalan sesuai jadwal dan rencana,” ujar salah satu eksekutif dari NASA, Bob Pearce.

“Kami memiliki segalanya untuk bisa melanjutkan misi penelitian bersejarah ini, dimana hasilnya akan tampak pada gaya penerbangan di masa yang akan datang,” tambahnya.

Dijadwalkan, pesawat yang kabarnya memiliki kecepatan dua kali lipat dari Boeing 787 Dreamliner ini akan melakukan pemeriksaan akhir pada akhir tahun 2020, dan diharapkan bisa lepas landas perdana pada tahun 2021 kelak.

Pesawat X-59 QueSST ini memang sengaja dirancang untuk bisa mereduksi efek dari ‘sonic boom’ dan meminimalisir suara yang dihasilkan oleh mesin pesawat. Terobosan yang coba dibawa oleh X-59 QueSST ini merupakan kebalikan dari penerbangan supersonik era Concorde, dimana salah satu variabel yang menurunkan tahta Concorde dari jagad aviasi global adalah ‘sonic boom’ yang dihasilkan oleh pesawat.

Baca Juga: Suksesor Concorde ini Tetap Dihantui Bayangan Kelam Pendahulunya

Sonic boom atau dentuman sonic ini merupakan istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada dentuman yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik seperti Concorde. Bukan menjadi sesuatu yang aneh lagi jika dentuman sonic ini  kerap membuat alarm kendaraan berbunyi hingga memecahkan kaca, lho!

Pada akhirnya, akankah masa depan jagad aviasi global dihiasi kembali oleh pesawat supersonik seperti X-59 QueSST?

Leave a Reply