Yuk Bersepeda, Mengurangi Polusi Sembari Membakar Kalori di Tubuh

ilustrasi bersepeda

Tubuh manusia setiap harinya memerlukan kalori yang cukup untuk metabolisme. Namun, apa jadinya bila kalori yang masuk berlebihan dan tak bisa diproses secara baik? Biasanya lemak lah yang akan tertimbun di beberapa bagian seperti perut, paha lengan dan bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Nissan Garap Prototipe Sistem Anti Dehidrasi Untuk Pengemudi

Namun, tahukan Anda dengan mengendarai sepeda bisa membakar lemak melalui proses oksidasi dan menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh? KabarPenumpang.com merangkum dari laman articles.latimes.com, bahwa proses pembakaran ini sangat ditentukan oleh beban kayuhan sepeda dan jarak yang ditempuh.

Sepeda merupakan salah satu moda transportasi tanpa bahan bakar fosil sehingga tidak akan menyebabkan ada polusi udara. Selain itu sepeda juga tidak akan menambah kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas. Dengan bersepeda, Anda bisa menikmati pemandangan dan tentunya tubuh pun merasakan khasiatnya terkhusus bagi kesehatan Anda.

Pada tahun 2010 lalu, pemerintah kota Los Angeles menemukan dan membandingkan bagan berbagai bentuk transportasi dan menghasilkan sepeda menjadi alat transportasi yang membakar banyak kalori dalam tubuh. Dengan bersepeda sejauh 10 mil atau 16 km dalam satu jam akan membakar sebanyak 484 kalori.

Sedangkan dengan berjalan tiga mil atau sejauh empat kilometer kalori terbakar 353 kalori. Dibandingkan dengan mengemudi mobil sejauh 30 mil atau 48 km hanya membakar 170 kalori. Hal ini sudah terlihat jelas, bersepeda membakar hampir tiga kali kalori dibandingkan dengan mengendarai kendaraan lainnya seperti motor atau mobil.

Baca juga: Lakukan Olahraga Selama Perjalanan, Hindari Keram dan Bantu Bakar Kalori

Namun, jangan pernah berpikir mengemudi dengan semangat tinggi, yakni berjalan dengan cepat atau lambat akan menurunkan kalori lebih banyak, sebab ini tidak akan terjadi dan kalori yang terbakar sama saja. Sama halnya, hitungan ini juga tidak akan meningkat jika Anda berkendara sejauh 80 mil per jam. Jika menggunakan bus, kalori yang terbakar hanya 177 kalori per jamnya.

“Jika ada yang mengatakan bahwa mengemudi membakar x jumlah kalori, larilah atau bersepeda,” saran pelatih kebugaran Los Angeles Steven Kates.