1 Januari 1914, Momen Penerbangan Domestik Berjadwal Pertama di Dunia

0

Penerbangan berjadwal internasional pertama di dunia dimulai pada 25 Agustus 1919 oleh Air Transport & Travel Ltd (AT&T) yang merupakan cikal bakal British Airways (BA). Penerbangan perdana tersebut menghubungkan antara London dan Paris yang melintasi Selat Channel. Lantas bila itu penerbangan internasional berjadwal pertama, kapankah penerbangan domestik berjadwal pertama di dunia?

Baca juga: Penerbangan Komersial Terjadwal Ternyata Sudah Dimulai 100 Tahun Lalu

Rupanya lima tahun sebelumnya, di Florida, Amerika Serikat, berhasil dipecahkan rekor penerbangan domestik berjadwal perdana. Dikutip dari airandspace.si.edu, disebutkan rute penerbangan domestik berjadwal pertama di dunia menghubungkan antara St.Petersburg dan Tampa, dimana kedua wilayah tersebut masih berada di dalam Negara Bagian Florida.

Rute penerbangan yang disebut airbot line itu berlangsung pertama kali pada 1 Januari 1914. Pesawat yang digunakan adalah pesawat Model XIV buatan pabrikan pesawat St. Louis Thomas Benoist. Jangan dikira bisa membawa banyak penumpang, selain seorang pilot, pesawat propeller ini hanya dapat membawa satu penumpang yang duduk di samping pilot dengan kokpit terbuka. Model XIV ditenagai mesin tunggal Roberts dengan kekuatan 75 tenaga kuda, 6 silinder dan berpendingin air.

Penerbangan dari St.Petersburg ke Tampa dan sebaliknya mengambil rute lurus melintasi Teluk Tampa. Jarak tempuhnya hanya 29 kilometer dan memakan waktu 23 menit. Sebagai perbandingan, rute St.Petersburg ke Tampa sebelumnya dilakukan menggunakan jasa kereta api, lantaran harus mengitari pesisir Teluk Tampa, waktu yang dibutuhkan St.Petersburg ke Tampa bisa mencapai 11 jam.

Selama tiga bulan beroperasi, Model XIV total mengangkut 1.204 penumpang melintasi teluk. Tapi tanpa subsidi berkelanjutan dari Pemerintah St. Petersburg atau pendapatan tetap dari lalu lintas turis, maka layanan udara berjadwal ini tidak akan bisa bertahan. Dan akhirnya pada akhir Maret 1919, penerbangan ini pun ditutup.

Baca juga: Fokker F-VII – Pesawat Legendaris ‘Pelaku’ Penerbangan Perdana Reguler Amsterdam-Batavia di Tahun 1924 

Lantaran saat itu menjadi wahana primadona, Mantan Walikota St. Petersburg A.C. Phiel (tengah) rela membayar US$400 untuk kehormatan menjadi penumpang pertama di jalur Airboat St. Petersburg-Tampa. Sementara ongkos standar untuk jasa sekali trip penerbangan adalah US$5 (setara US$100 untuk saat ini).