1 Mei 2021, Singapura Resmi Gunakan IATA Travel Pass untuk Data Covid-19 Pelancong 

0
Pelancong di Singapura

Sebentar lagi pelancong akan bisa masuk ke Singapura seperti sebelum pandemi. Pasalnya Negeri Singa ini akan mulai menggunakan IATA Travel Pass yang mana akan digunakan untuk mempermudah dalam melacak status Covid-19 pelancong.

Baca juga: Tak Perlu Bawa Surat Hasil Test Covid-19 atau Vaksin, Emirates Gandeng IATA Hadirkan Travel Pass

Di mana Singapura akan menerima hasil PCR Covid-19 sebelum keberangkatan melalui IATA Travel Pass. Kebijakan penggunaan Travel Pass tersebut akan mulai berlaku 1 Mei 2021. Nantinya para pelancong yang bepergian ke Singapura bisa menunjukkan Travel Pass mereka pada saat check in sebelum penerbangan.

Tak hanya itu, IATA Travel Pass juga digunakan ketika pelancong tiba di pos pemeriksaan imigrasi Bandara Internasional Changi. Adanya Travel Pass dari IATA karena Singapura bekerja sama dengan asosiasi ini. Bahkan ini termasuk dalam kolaborasi Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) dan IATA untuk memfasilitasi perjalanan yang lebih lancar dan efisien melalui sertifikat digital uji Covid-19.

“Mendapatkan kepercayaan dari pemimpin penerbangan seperti Singapura, menerima IATA Travel Pass adalah hal yang sangat penting,” kata Willie Walsh, Direktur Jenderal IATA yang dikutip KabarPenumpang.com dari detik.com (16/4/2021).

Dia mengatakan, uji coba yang tengah berlangsung membuat mereka berada di jalur yang tepat untuk IATA Travel Pass menjadi alat penting untuk memulai kembali industri dengan memberikan kredensial kesehatan perjalanan yang diverifikasi kepada pemerintah. Willie menambahkan, pelancong bisa mendapat keyakinan penuh bahwa data pribadi aman dan berada di bawah kendali mereka.

“Keberhasilan upaya bersama kita akan menjadikan kemitraan IATA dengan pemerintah Singapura sebagai model untuk diikuti oleh pihak lain,” tuturnya.

Sertifikat kesehatan digital itu diprediksi akan menjadi fitur utama dalam perjalanan udara ke depan. Travel Pass diprediksi menjadi solusi terpercaya dan aman untuk memverifikasi kredensial kesehatan para pelancong akan sangat penting dalam memfasilitasi perjalanan udara yang lancar dan menjaga kesehatan masyarakat.

Setelah uji coba yang berhasil dilakukan Singapore Airlines, otoritas kesehatan dan pengawasan perbatasan Singapura akan menerima IATA Travel Pass sebagai bentuk presentasi yang valid dari hasil tes pra-keberangkatan Covid-19 untuk masuk ke Singapura. Informasi yang disajikan pada IATA Travel Pass akan memiliki format yang memenuhi persyaratan tes pra-keberangkatan Covid-19 Singapura yang berlaku untuk masuk ke Singapura.

“Kami telah membangun kemitraan lama dan mendalam dengan IATA untuk mengembangkan solusi guna memfasilitasi perjalanan. Kolaborasi terbaru dengan IATA ini menunjukkan komitmen bersama kami untuk mendorong adopsi sertifikat kesehatan digital dan memulihkan perjalanan udara internasional,” kata Kevin Shum, direktur jenderal CAAS.

“Saat kami berupaya membangun kembali dengan aman Hub udara Changi, kami akan terus mencari solusi lain yang dapat memberikan cara yang sama amannya dan dapat diverifikasi dalam berbagi sertifikat kesehatan untuk perjalanan internasional yang aman,” Shum menambahkan.

Baca juga: IATA Kembangkan Aplikasi Seluler untuk Bantu Perjalanan di Masa Pandemi

Saat ini, lebih dari 20 maskapai penerbangan telah mengumumkan uji coba IATA Travel Pass. Bagi wisatawan yang ingin ke Singapura menggunakan IATA Travel Pass harus menanyakan kepada maskapai penerbangan yang mereka bawa untuk kelayakan menggunakan IATA Travel Pass.

Leave a Reply