14 Tahun Sudah Bandara Suvarnabhumi Layani Penerbangan Internasional

0
Bandara Internasional Suvarnabhumi (airpaz.com)

Bila Indonesia punya Soekarno-Hatta, maka Thailand punya Suvarnabhumi, yang notabene inilah bandara internasional utama yang berlokasi di Bangkok, Suvarnabhumi menggantikan posisi Bandara Don Mueang yang kini hanya melayani penerbangan regional untuk penerbangan berbiaya murah (LCC).

Dan tepat 14 tahun lalu, Suvarnabhumi resmi dibuka pada tahun 2006 untuk penerbangan terbatasnya pada 15 September 2006 dan membuka secara keseluruhan untuk rute domestik dan internasional pada 28 September 2006.

Baca juga: ‘Raja Garbarata’ Indonesia Menangkan Tender Pengadaan di Bandara Don Mueang Thailand

Suvarnabhumi terletak di Racha Thewa di distrik Bang Phli, Samut Parakan sekitar 25 km timur Bangkok. Nama Suvarnabhumi sendiri dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyajed yang berarti tanah emas. Di desain oleh Helmut Jahn dari Murphy/Jan Architecs, bandara ini sudah berdiri selama 14 tahun dan memiliki menara kontrol (ATC) tertnggi di dunia yakni 132,2 meter.

Luas Bandara Suvarnabhumi 563 ribu meter persegi dan menjadikannya bandara dengan luas terminal tunggal kedua di dunia setelah Bandara Internasional Hong Kong. Bahkan juga menjadi bandara tersibuk keempat di Asia setelah Bandara Internasional Haneda, Bandara Internasional Beijing dan Bandara Internasional Hong Kong.

Dirangkum KabarPenumpang.com, bandara yang didesain oleh Helmut Jahn ini terlihat memiliki struktur dan imaji modernitas. Hal tersebut terlihat dengan warna metalik yang menjadi mayoritas dengan kerangka dan penyangga yang terbuka.

Selain itu warna siluet biru menghiasi kerangka logam dan nyalanya membuat pendar-pendar indah. Kaca menjadi struktur utama yang sangat berperan dalam menunjukkan gaya arsitekturnya. Tak hanya itu, kaca menjadi struktur utama yang sangat berperan dalam menunjukkan gaya arsitetur Bandara Suvarnabhumi.

Dalam mengimbangi ini, Bandara Suvarnabhumi menambahkan instalasi seni yang bergaya Thailand seperti di area keberangkatan yang akan segera terlihat setelah melalui imigrasi serta patung besar di area kedatangan. Menjadi bandara internasional di Thailand, Bandara Suvarnabhumi dilengkapi dengan fasilitas yang membuat pelancong cukup nyaman berada di sini.

Penasaran dengan fasilitasnya? Bandara Internasional Suvarnabhumi dilengkapi berbagai restoran siap saji dari berbagai negara baik makanan Asia, Thailand maupun lainnya dan buka 24 jam di area keberangkatan. Area ruang tunggu bahkan menyediakan lebih banyak pilihan lagi selain melimpahnya toko bebas pajak menjual berbagai produk bermerek internasional.

Telepon umum berbayar kartu kredit juga melimpah di area keberangkatan di lantai empat dan beberapa di lantai lainnya. Bagi pelancong muslim jangan khawatir untuk mendapat makanan halal karena ada beberapa toko yang khusus menjualnya (ada tiga atau empat) di keberangkatan dan tak perlu khawatir karena ada musholla yang sangat representatif di lantai tiga.

Baca juga: Nok Air, Terkenal dengan Logo Paruh Burung, Inilah LCC Khas Thailand

Bandara ini merupakan hub bagi maskapai penerbangan Thailand seperti Asia Atlantic Airlines, Bangkok Airways, Business Air, Jet Asia Airways, Orient Thai Airlines, Thai Airways International, dan Thai Smile. Apabila Anda bertolak dari Jakarta, Anda dapat mengakses bandara ini dengan memilih di antara beberapa maskapai di antaranya Bangkok Airways, Cathay Pacific, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Qatar Airways, Singapore Airlines, dan TigerAIr.

Leave a Reply