14 Tahun Tertunda, Bandara Berlin Brandenburg Siap Beroperasi Oktober 2020

Berlin Brandenburg Airport. Sumber: airport-technology.com

Setelah melewati tahapan pembangunan yang sangat lama – 14 tahun, akhirnya Berlin Brandenburg Airport dikabarkan akan segera memasuki tahap operasi komersial yang rencananya jatuh pada bulan Oktober 2020 mendatang. Pada artikel sebelumnya sudah tertulis bahwa dalam proses pembangunannya saja, bandara berkode BER ini sudah menuai polemik – ada yang pro dengan pembangunannya, ada yang tidak.

Baca Juga: Bandara Internasional Tegel, Berlin: Terus Beroperasi Atau Berubah Jadi Pusat Bisnis

Tidak sedikit dari warga Berlin yang tidak ikhlas dengan pergantian predikat bandara internasional utama Berlin yang dulu disandang oleh Tegel International Airport dan kelak akan digantikan oleh Berlin Brandenburg Airport.

Mulai dibangun pada tahun 2006 silam, rencana awal pembangunan bandara ini hanya memakan waktu lima tahun saja dan mulai mengoperasikan penerbangan berjadwal pada bulan Oktober 2011. Namun lantaran perencanaan konstruksi yang buruk, masalah teknis, dan dugaan korupsi dalam proses pembangunanlah yang pada akhirnya memaksa penundaan pengoperasian dari bandara ini. Pihak kontraktor lalu menjanjikan Juni 2012 bandara yang terletak di Schönefeld ini akan rampung, namun ternyata tanggalan tersebut masih tidak tepat sasaran – hingga saat ini.

Selain memakan waktu yang sangat lama, ternyata Berlin Brandenburg Airport ini juga memakan biaya yang sangat besar. Di perencanaan awal, pembangunan bandara ini diperkirakan akan menelan biaya €2 milyar. Namun seiring banyaknya penundaan, maka biaya pembangunannya pun turut mengalami pembengkakan hingga tiga kali lipat dari nominal awal.

“Warga Berlin benar-benar menunggu bandara baru,” tutur Burkhard Kieker, CEO VisitBerlin, dikutip KabarPenumpang.com dari laman airport-technology.com (30/7).

Namun kini pembangunan diakui sudah berada di tangan pihak yang tepat, tidak seperti kontraktor sebelumnya yang dihuni oleh orang-orang yang prematur pengalaman. Disebutkan, bandara ini nantinya dapat menampung hingga 45 juta penumpang setiap tahunnya. Mulai dari desain interior yang minimalis dan serba modern hingga penggunaan teknologi yang mutakhir akan memuaskan mata Anda ketika berada di dalam bandara ini.

Baca Juga: Bandara Tempelhof, Megastruktur NAZI Yang Kini Jadi Taman Kota Besar di Berlin

“Semua ahli mengatakan kepada saya bahwa tidak ada kekurangan di Berlin Brandenburg Airport,” ujar CEO perusahaan yang membangun Berlin Brandenburg Airport.

“Kami yakin bandara ini dapat beroperasi pada Oktober 2020 mendatang,” imbuhnya.