165 Tahun Kereta Api Mengular di Rel India

Lokomotif kereta uap India (www.devdiscourse.com)

Sebagai salah satu negara besar di dunia, India punya beragam hal unik dan menarik, termasuk berbicara tentang sejarah perkeretaapiannya. Di Negeri Anak Benua yang bekas koloni Inggris ini, tak terasa kereta perjalanan kereta pertama di India sudah berusia 165 tahun. Perjalanan pertama dimulai pada 16 April 1853 yang di jalankan oleh Great India Peninsular Railway dari Mumbai ke Thane.

KabarPenumpang.com melansir dari laman devdiscourse.com (16/4/2018), ada 14 gerbong kereta dengan tiga lokomotif uap yang memiliki nama Sahib, Sindh, dan Sultan. Kapasitas penumpang yang mampu di angkut masa itu sekitar 400 orang dan mampu melaju hingga 34 km.

Baca juga: Tergerus Zaman, Tradisi Bawa Bekal dan Berbagi Makanan di Kereta India Mulai Hilang

Kereta ini setiap berhenti di Sion selama 15 menit untuk menyiram mesin dan meminyaki roda kereta. Tarifnya pun saat itu 2 rupee dan 10 annas untuk kelas satu, satu rupee dan satu annas untuk kelas dua. Untuk kelas tiga tarif lima annas dan tiga pice.

Kemudian jalur ini diperpanjang ke Kalyan tahun 1854 dengan membangun jembatan kereta api di India yang pertama yakni jembatan Dapoorie diatas sungai Ulhas. Kemudian diperluas lagi tahun 1855 ke Khopoli.

Pembuatan jalur untuk Indian Railways ini dibuat di Madras tahun 1832 silam. Jaringan kereta api pertama India Red Hill Railway dibangun oleh Arthur Cotton untuk mengangkut granit pada pembangunan jalan yang kemudian merambah ke Bukit Merah dan Jembatan Chintadripet di Madras tahun 1837.

Diketahui hingga kini, Indian Railways yang sudah berusia 165 tahun merupakan jaringan kereta api terbesar keempat di dunia dengan panjang mencapai 121.407 km dengan 7.216 stasiun di sepanjangnya setelah Amerika Serikat, Rusia dan Cina. Tak hanya itu, kini juga sebanyak 23 juta penumpang setiap harinya dari dua rute baik itu pinggiran kota ataupun kereta jarak jauh.

Baca juga: Tindaklanjuti Masalah Malfungsi Roda Kereta, Indian Railways Siap Pasang Sensor Canggih!

Pada tahun 2016 sendiri kereta api India 8,10 miliar penumpang dan lebih dari 1,1 miliar ton kargo per tahun. Indian Railways sendiri merupakan perusahaan terbesar kedelapan di dunia yang memiliki pekerja mencapai 1,3 juta orang pada Maret 2017 lalu.

Untuk merayakan kesempatan ini, kereta api telah menyelenggarakan perayaan Pekan Kereta Api di seluruh zona untuk memperingati peristiwa penting dari perjalanan pertama. Selain itu replika mesin uap pertama yang berjalan di India akan segera menjadi pusat atraksi si stasiun Thane.