27 September 1825, Kereta Penumpang dengan Lokomotif Uap Pertama Kali Mengular

0
Stockton & Darlington Railway (britannica.com)

Perjalanan kereta api di era awal terbilang tidaklah mudah, meski industri ini sudah berkembang sejak tahun 1820-an. Saat itu di Inggris terdapat perusahaan kereta api pertama di dunia yang memberikan layanan angkutan barang dan penumpang.

Baca juga: Elena Chukhnyuk, Eksis di Perang Dunia II, Inilah Masinis Wanita di Lokomotif Uap

Perusahaan bernama Stockton and Darlington Railway adalah perusahaan kereta api yang beroperasi di timur laut Inggris dari tahun 1825 hingga 1863. Perusahaan ini menggunakan lokomotif uap pada awal pembukaan jalur bisnisnya.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, pengembangan lokomotif ini berawal dari seorang bernama Goerge Stephenson yang bekerja membatu sang ayah pada sebuah tambang. Dengan kemampuannya ini, dia berhasil mengembangkan beberapa mesin uap untuk memudahkan dalam pekerjaan tambang.

Ternyata penggunaan mesin uap bisa menarik beban 50 kali lebih banyak daripada kuda. Selain itu, penambahan bantalan rel juga bisa membantu mempercepat akses untuk tambang. Pengembangan dari Stepenshon ternyata juga bersamaan dengan rencana dari petinggi tambang untuk mempercepat pergerakan batubara menuju kapal untuk segera diangkut.

Hal ini merupakan bisnis yang menggiurkan bagi mereka. Pada 1821, 1200 ton rel besi can cor besi mulai didatangkan untuk merealisasikan pengembangan dari misi tersebut. Pada 27 September 1825, kereta yang telah dikembangkan oleh Stepenshon akhirnya memulai debutnya.

Kereta ini menggunakan lokomotif uap menggunakan jalur rel sepanjang 42 kilometer. Jalur tersebut dibangun antara Darlington dan Stockton, kemudian dari Darlington menuju Inggris Utara. Jalur yang awalnya digunakan untuk menghubungkan tambang batu bara menuju kapal yang berlayar di laut, akhirnya juga bergungsi untuk mengangkut penumpang.

Kereta penumpang ini pertama yang menggunakan lokomotif uap mengangkut hingga 600 penumpang. Masinisnya adalah George Stephenson dan seorang petugas pemadam kebakaran yakni Jemmy Stephenson dan Ralph Stephenson.

Kereta ini membawa 28 gerbong di mana 21 gerbong untuk penumpang dan enam gerbong lainnya untuk batubara. Kereta penumpang pertama tidak cepat, tetapi memakan waktu dua jam untuk menyelesaikan 12 mil atau 19 km pertama perjalanan.

Semenjak itu, muncul beberapa tanggapan dari penduduk untuk mengurangi pembawaan batubara dan membawa penumpang lebih. Sampai akhirnya, perkembangan kereta api mulai berkembang dan menjalar ke berbagai kota di Inggris.

Baca juga: Butuh 200 Tahun, Evolusi dari Lokomotif Uap Hingga Ke Diesel Listrik!

George Stephenson mulai mendapatkan perintah untuk menjadi insinyur membangun jalan kereta api beserta beberapa orang yang tergabung dalam perusahaan tersebut. Jalur Liverpool dan Manchester menjadi rencana selanjutnya.

Leave a Reply