60 Tahun Beroperasi, Monorail di Kebun Binatang Ueno Tokyo Harus Pensiun

0
Monorel di kebun binatang Ueno Tokyo (Soranews24.com)

Sebuah kereta yang sudah lanjut usia biasanya akan dipensiunkan meskipun masih tampak kokoh dan digemari penumpang. Hal ini pun terjadi pada monorail di kebun binatang Ueno Tokyo yang sangat populer di kalangan pengunjungnya untuk melihat hewan dan menikmati keindahan dari atas.

Baca juga:  Ternyata Aeromovel Sudah Ada Sejak Zaman Kereta Api Victoria

Penghentian operasional monorail di kebun binatang tersebut dikarenakan sudah beroperasi selama 60 tahun, di mana kereta dan fasilitasnya sudah tua. Bahkan sebelum dihentikan pengoperasiannya pada 31 Oktober 2019 kemarin, pihak pemerintah metropolitan sempat mempertimbangkan akan diremajakan dengan merombak sistem atau menghapus secara permanen.

Diluncurkan tahun 1957 oleh biro transportasi Pemerintah Metropolitan Tokyo, monorail ini menjadi yang pertama di negeri Matahari Terbit itu. Selama 60 tahun beroperasi, monorail di Ueno sudah mengangkut lebih dari 65 juta penumpang dari bagian timur hingga ke barat kebun binatang tersebut.

Dilansir KabarPenumpang.com dari japantimes.co.jp (31/10/2019), monorail di kebun binatang Ueno merupakan kereta yang tergantung pada rel tunggal dan membentang sepanjang 330 meter. Memiliki dua stasiun, waktu tempuhnya sekitar 90 detik. Monorel ini memiliki dua gerbong dalam satu rangkaian yang mampu menampung 62 penumpang.

Monorail di Ueno merupakan generasi keempat dengan tipe 40 yang digunakan sejak tahun 2001 lalu. Pada hari terakhirnya beroperasi, penumpang yang naik pun di pilih secara acak melalui lotre. Bahkan sebelum beroperasi untuk yang terakhir kali, Kepala Stasiun Kazuhide Nagata menyampaikan pesan singkatnya.

“Saya ingat dengan jelas banyak anak mengatakan bahwa perjalanan monorail itu menyenangkan. Monorail memberikan pemandangan yang indah, seperti kolam Shinobazunoike (di Taman Ueno), dan kereta itu berwarna-warni dan populer. Sangat disesalkan bahwa layanan ini telah ditangguhkan,” katanya.

Seorang lelaki berusia 38 tahun dari Prefektur Ehime, yang mengunjungi kebun binatang bersama keluarganya pada hari itu, mengatakan, “Saya yakin monorail itu dicintai oleh semua orang. Saya harap ini akan dikembalikan.”

Baca juga: Bakal Hubungkan Rusia dan Cina, Inilah Kereta Gantung Lintas Negara Pertama di Dunia

Pada awal 1980-an, pihak berwenang mempertimbangkan untuk menghapus monorail, tetapi pemerintah metropolitan memutuskan untuk memperbaikinya setelah muncul permintaan untuk dilanjutkan. Diketahui, sehari setelah berhenti beroperasi pada 1 November 2019, para pengunjung bisa menggunakan bus yang disediakan oleh pengelola kebun binatang. Setelah pensiun, monorail ini dipanjang di Stasiun East Garden hingga 24 November 2019.

Leave a Reply