64 Tahun Beroperasi, Beech Hurst Park Miniature Railway Torehkan Sejarah Baru!

0
Sumber: Day Out With The Kids

Kecintaan seseorang terhadap moda transportasi yang mengular di atas rel ini mencatatkan berbagai rekor baru. Sebut saja Jepang yang memiliki fan base tersendiri yang menyebut dirinya sebagai railway geeks, dan yang paling baru adalah sebuah pencapaian yang diraih oleh Beech Hurst Park Miniature Railway di Bolnore Road, Haywards Heath, Inggris. Taman bermain ini berhasil mencatatkan sejarah setelah mengumumkan jumlah pecinta kereta yang berkunjung ke sana – 1,5 juta pengunjung.

Baca Juga: Punya Panjang Rel 12 Km, Inilah Miniatur Jaringan Kereta Api Terbesar di Dunia!

Ya, kereta api telah menorehkan kenangan tersendiri di benak setiap orang sehingga mereka bertumbuh menjadi seorang pecinta si ular besi. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman sumber yang berbasis di Inggris, theargus.co.uk (2/9/2018), Beech Hurst Park Miniature Railway ini sendiri mulai dibuka untuk umum pada tahun 1954. Tingginya minat pengunjung kala itu membuat operator Beech Hurst Park Miniature Railway berencana untuk memperpanjang tracknya.

Lalu jalur yang terbentang di Beech Hurst Park Miniature Railway hari ini merupakan hasil pemanjangan terakhir yang dilakukan pada tahun 1974. Berbeda dengan miniatur kereta lainnya, di Beech Hurst Park Miniature Railway Anda bisa menaiki sendiri keretanya, namun dalam skala yang jauh lebih kecil ketimbang aslinya. Nah, untuk Beech Hurst Park Miniature Railway sendiri menggunakan rel dengan lebar 127 mm dan ‘mempekerjakan’ miniatur lokomotif uap bertenaga campuran – uap dan elektrik.

Pada Sabtu (1/9/2018) kemarin, taman hiburan tematik ini kedatangan sebuah keluarga dari North Chailey yang menandakan penorehan sejarah baru bagi Beech Hurst Park Miniature Railway – karena keluarga ini menjadi pengunjung ke 1,5 juta di tahun ke-64 pengoperasiannya. “Ini (pencapaian pengunjung terbanyak) telah menjadi sejarah dan menandakan bahwa betapa populernya dunia perkeretaapian – terutama miniatur di ruang lingkup terkecil negara ini,” tutur anggota Sussex Miniature Locomotive Society, Chris Saunders. “Jumlah tersebut hampir setara dengan jumlah populasi di Sussex,” tandasnya bangga.

Pencapaian ini terasa semakin berharga manakala mengingat jadwal operasi dari taman ini yang hanya buka pada Sabtu dan Minggu. Itu pun tidak beroperasi penuh, hanya dari pukul 14.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Baca Juga: Kakek ini Pajang 1.500 Koleksi Miniatur Pesawatnya di Bandara Shannon, Irlandia

Jika dilihat dari sudut pandang lain, maka pencapaian ini menandakan adanya peningkatan kecintaan masyarakat akan moda yang kerap dijuluki si ular besi ini. Bukan tidak mungkin juga semisal kecintaan tersebut akan berimbas langsung pada meningkatnya pendapatan operator kereta api karena semakin banyak orang yang menggunakan layanan tersebut.

 

Leave a Reply