Punya Panjang Rel 12 Km, Inilah Miniatur Jaringan Kereta Api Terbesar di Dunia!

Sumber: Deutsche Welle

Tidak ada tolak ukur yang sahih memang untuk mengukur ‘kegilaan’ dan rasa cinta seseorang terhadap sesuatu. Inilah yang terjadi pada kembar Frederik dan Gerrit Braun, dimana kedua pria asal Jerman ini berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Record berkat miniatur jaringan kereta api terbesar di dunia buatannya. Tidak tanggung-tanggung, si kembar membuat lintasan kereta api sepanjang 12 km meliuk dengan indahnya di dalam sebuah gedung tua berlantai tiga.

Baca Juga: Pengabdian 50 Tahun Gage Park Mini-Train, Miniatur Kereta di Topeka, Kansas

Semua kegilaan yang mereka ciptakan ini berawal dari sebuah impian masa kecil, dimana si kembar ingin menciptakan miniatur kereta api terbesar di dunia. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, pembangunan Miniatur Wunderland (Bahasa Jerman untuk Miniature Wonderland) dimulai pada Desember 2000.

Di sini, Frederik dan Gerrit membangun Knuffingen (sebuah kota fiktif), Central Hamburg, dan Austria sebagai awalan dari miniatur jaringan kereta terbesar di dunia tersebut.

Sumber: mobgenic.com

Kurang dari satu tahun berselang, tepatnya pada Agustus 2001, si kembar berhasil menyelesaikan first section dari miniatur ini. Semua bagian di dalam miniatur ini dibangun dengan menggunakan H0 scale, sebuah skala paling terkenal di dunia miniatur perkeretaapian yang mengambil perbandingan 1:87. Dalam pembangunannya, Frederik dan Gerrit dibantu oleh kurang lebih sebanyak 185 staf dengan keahliannya masing-masing.

Jaringan kereta api buatan ini terus mengalami perkembangan setiap waktunya dan menambahkan beberapa kota lain di dalamnya, seperti Amerika, Negara Skandinavia, Swiss – hingga yang paling fantastis adalah replika dari Bandara Hamburg dan Italia. Hingga kini, miniatur jaringan kereta api tersebut telah menduduki area seluas 1.150 meter persegi!

Semua miniatur ini dibuat dengan sangat teliti sehingga detail yang dihasilkan pun bisa dibilang sangat mirip dengan aslinya. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Miniatur Wunderland yang berada di Speicherstadt, Hamburg ini, maka Anda akan dimanjakan dengan eksistensi dari 1.040 rangkaian kereta (kurang lebih 9.250 gerbong), lebih dari 100.000 kendaraan yang bergerak (mulai dari kereta hingga mobil), 385.000 lampu LED yang bisa menyala ketika hari sudah mulai malam, hingga 130.000 pohon imitasi.

Baca Juga: Kakek ini Pajang 1.500 Koleksi Miniatur Pesawatnya di Bandara Shannon, Irlandia

Dengan menghabiskan dana lebih dari 21 juta euro atau yang setara dengan Rp355,6 miliar, kedua kakak beradik ini berhasil menorehkan sejarah sekaligus mewujudkan impian kecil mereka.