Friday, December 8, 2023
HomeAnalisa Angkutan7 Maskapai dengan Interior Paling Manjakan Mata Penumpang, Nomor 6 Berasa di...

7 Maskapai dengan Interior Paling Manjakan Mata Penumpang, Nomor 6 Berasa di Pantai

Selain eksterior atau livery, beberapa maskapai juga menampilkan desain futuristik sekaligus segar di pandang mata pada bagian interior, tak kalah dengan pemandangan eksotis di luar pesawat. Ada yang bermain dengan warna pada ambient light, kursi, hidangan, dan lain sebagainya.

Baca juga:Β Stiker Vs Cat, Mana Lebih Baik untuk Livery Pesawat?

Dilansir dari matadornetwork.com, sedikitnya ada tujuh maskapai yang memiliki interior ciamik nan memanjakan mata. Berikut selengkapnya.

1. Eva Air

Eva Air dengan body bergambar Hello Kitty (Asian Fusion Magazine)

Hanya segelintir maskapai di dunia yang menggunakan livery karakter kartun, salah satunya Eva Air. Maskapai swasta asal Taiwan ini diketahui sejak tahun 2005 silam meluncurkan pesawat dengan karakter Hello Kitty.

Tak hanya di bagian eksterior (livery hello kitty), unsur hello kitty juga terdapat pada interiornya, tepatnya pada kru kabin yang menggunakan apron hello kitty sampai hidangan seperti telur, wortel, peralatan makan, headrest cover, menu, safety brochures, tisu toilet dan lainnya yang didekorasi karakter hello kitty.

2. Icelandair

Biasanya maskapai di dunia akan mengusung kearifan lokal negaranya masing-masing. Garuda Indonesia, misalnya, mengusung batik sebagai kearifan lokal yang ditonjolkan dalam interior. Begitu juga dengan Icelandair yang menonjolkan unsur Aurora pada interiornya.

Sebagai negara yang terletak di kawasan lingkar kutub utara, langit Islandia seringkali dihiasai oleh Aurora. Jika Aurora hanya bisa dilihat pada bulan-bulan tertentu, maka Aurora di interior Icelandair, baik yang berwarna hijau maupun biru, bisa dilihat kapan saja di langit-langit kabin oleh penumpang selama penerbangan malam hari.

3. Finnair

Finlandia tak hanya dikenal karena kualitas pendidikannya yang menempati posisi teratas, namun juga terkenal lewat rumah desain Marimekko. Sejak tahun 2012, Finnair memiliki dua armada, Airbus A350 β€œKivet” dan Airbus A330 β€œUnikko” yang eksterior dan interiornya didesain atau dihadirkan oleh Marimekko.

Setahun setelahnya, maskapai nasional Finlandia itu seluruh armadanya sudah dilengkapi dengan tekstil dan peralatan makan Marimekko. Di kelas bisnis, penumpang disuguhi dengan selimut keren, bantal, porselen (teko teh), dan berbagai perlengkapan (sandal,tas jinjing dan lainnya. Ada juga cangkir kertas, serbet, mug dan kain.

4. Etihad Airways

Di antara dekorasi atau nuansa yang paling kentara terasa dibanding lainnya adalah nuansa Timur Tengah. Sebagai maskapai yang berasal dari sana, Etihad Airways sangat brilian dalam menghadirkan nuansa khas Timur Tengah di kabin pesawat, khususnya melalui armada Airbus A380.

Di pesawat superjumbo Etihad Airways setidaknya ada empat kelas kursi; Kelas Ekonomi, Kelas Bisnis, First Class, dan The Residence. Tiga dari empat kelas tersebut tentu tak terjangkau traveler kebanyakan mengingat kabin dipenuhi dengan berbagai kemewahan.

Ruang tamu, kamar tidur terpisah dengan tempat tidur double, dan kamar mandi dalam. Gelas minum sampanye yang dirancang oleh Vera Wang, dan seprei dari Pratesi Italia. Pelayan pribadi, sarapan yang diantar langsung ke tempat tidur, dan lainnya benar-benar membuat ini bukan hanya bernuansa Timur Tengah tetapi juga bak hotel terbang.

5. Brussels Airlines

Belgia memiliki salah satu karakter kartun yang cukup familiar di dunia, Smurf, dan ini cukup menjadi kebanggan tersendiri untuk Brussels Airlines. Baik interior maupun eksterior, maskapai nasional Belgia tersebut menampilkan nuansa Smurf yang sangat melekat pada lima armadanya.

6. Air Tahiti Nui

Maskapai Air Tahiti Nui. Foto: Sam Chui

Pada tahun 2019, maskapai Air Tahiti Nui memiliki desain interior dan eksterior yang sepenuhnya baru pada armada Boeing 787-9 Dreamliner. Desain tersebut sangat erat kaitannya dengan budaya Tahiti, pulau terbesar di Polinesia Perancis, seperti desain bunga tiare serta nuansa warna-warni khas pantai.

7. ANA

Maskapai All Nippon Airways (ANA) adalah salah satu maskapai yang pernah mengusung tema Star Wars. Baik interior maupun eksteriornya, penumpang akan disuguhi hal-hal berbau karakter fiksi hollywood tersebut di setidaknya empat armada maskapai.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru