7 Persamaan dan Perbedaan First Class dengan Business Class

0
Bagian dalam suite kelas satu Emirates Boeing 777-300 (Emirates)

Maskapai di seluruh dunia pada umumnya menawarkan pengalaman terbang yang berbeda-beda kepada setiap penumpang.Tentu saja hal itu bergantung pada kelas penerbangan yang dibeli. Mulai dari kelas ekonomi, kelas premium, kelas bisnis, dan kelas satu atau first class.

Baca juga: Pelayanan Optimal dan Hiburan Melimpah, Pengalaman Naik Business Class Thai Airways

Dari keempat kelas tersebut, kelas ekonomi pada umumnya menjadi kelas yang ramai diminati karena harganya yang terjangkau. Namun, sebagaimana harganya, soal layanan yang diberikan, kelas tersebut juga hampir dapat ditebak. Pastinya tak akan selengkap layanan kelas satu atau kelas bisnis.

Akan tetapi, sekalipun sering bepergian menggunakan pesawat terbang, travelers, khususnya bagi yang belum pernah merasakan pengalaman terbang dengan first class dan business class, terkadang sulit membedakan dan mencari persamaan layanan apa saja yang ditawarkan kedua kelas tersebut. Dikutip dari laman thepointsguy.com, berikut tujuh perbedaan dan persamaan first class dan business class.

1. Check-in, bagasi, dan boarding
Baik penumpang kelas bisnis dan kelas satu keduanya akan menerima prioritas check-in, tag bagasi, dan boarding. Kemudian, secara substansial, sebetulnya, koper kelas satu atau first class harusnya didahulukan. Namun, secara teknis, koper dengan tag prioritas, besar kemungkinan akan didahulukan secara bersamaan, tanpa melihat mana yang first class dan mana yang bukan. Kemudian, ketika memasuki pesawat, mungkin akan ada sedikit antrean pada penumpang business class. Sebab, kabin mereka lebih kecil ketimbang first class. Hanya saja, pada umumnya, business class jarang terdapat antrean, layaknya first class.

2. Lounge
Maskapai-maskapai besar dunia dengan reputasi tinggi pada umumnya memiliki lounge first class dan business class terpisah. British Airways, misalnya, menyediakan akses penumpang first class ke The Concorde Room di London Heathrow Terminal 5 (LHR) di mana penumpang dapat menikmati hidangan sampanye dan à la carte sebelum memulai penerbangan. Adapun business class umumnya hanya dihadapkan dengan hidangan prasmanan yang terkadang kurang pas di lidah. Hanya saja, itu semua teragantung pada maskapai. Poinnya, tentu saja keduanya memiliki lounge yang terpisah dan fasilitasnya pun berbeda.

finansialku.com

3. Kursi Pesawat
Di antara berbagai perbedaan, mungkin kursi pesawat penumpang first class dan business class adalah salah satu yang paling mencolok. Business class pada umumnya tetap memberikan kenyamanan lebih kepada para pelanggan dengan fully-flat bed dan beberapa tempat penyimpan atau storage untuk menyimpan barang. Namun tetap saja, tidak privasi.

Sebaliknya, kursi pelanggan first class tentu saja lebih mewah dengan tempat tidur yang luas, nyaman, privasi terjamin, dan akses lorong langsung. Di samping itu, biasanya, terdapat banyak kotak storage yang memudahkan pelanggan untuk meletakkan berbagai jenis barang.

sandwich di business class Lufthansa. Sumber: Live and Let’s Fly – BoardingArea

4. Makanan dan minuman
Dari segi makanan, biasanya pelanggan di business class ditawarkan varian yang cukup beragam. Hanya saja, jumlahnya tak sebanyak pelanggan first class. Di samping itu, menunya juga sedikit berbeda, mulai dari main course atau hidangan utama, appetizer, hingga dessert. Begitupun juga dengan minuman, baik sampanye maupun anggur, meskipun kedua kelas tersebut mendapatkan minuman tersebut, tentu saja rasa dan kualitasnya sedikit berbeda.

Sumber: airlineratings.com

5. Fasilitas
Bantal dan selimut mewah mungkin kedua kelas tersebut sama-sama mendapatkannya. Namun, soal lainnya, belum tentu. Fasilitas Wi-Fi, misalnya, jika ada, mungkin pelanggan first class mungkin akan diberikan akses gratis. Adapun business class harus membayar. Kemudian, kit amenitiesnya atau kelengkapan tambahannya pun juga berbeda.

First class akan dilengkapi dengan lonceng dan business class hanya dengan sebuah peluit.Yang paling membedakan adalah kasur. Pelanggan first class akan dilengkapi dengan kasur mewah. Bahkan, di beberapa kasus, kasurnya mungkin jauh lebih nyaman dibanding kasur di rumah.

Di samping itu, awak kabin juga akan merapikan kasur setiap selesai digunakan, tak peduli berapapun jarak penggunaannya. Ketika selesai dirapikan, kemudian pelanggan menggunakannya kembali dalam hitungan detik dan membuat kasur kembali berantakan, sementara pelanggan pergi ke toilet, awak kabin pasti akan merapikannya.

Baca juga: Layanan First Class Emirates Undang Decak Kagum Youtuber!

6. Layanan
Di bagian ini, mungkin tergantung selera pelanggan. Hanya saja, secara estetika, jauh lebih berkesan first class. Pelanggan business class mungkin tidak akan dipanggil sesuai nama. Selain itu, pelanggan kelas tersebut mungkin harus menunggu beberapa saat untuk awak kabin mengisi atau me-refiil minuman. Adapun untuk pelanggan first class, pelanggan akan dipanggil dengan sebutan nama, pertanda awak kabin dan pelanggan sudah mulai terjalin kedekatan spesial. Selain itu, awak kabin akan selalu mengisi minuman pelanggan ketika lewat ataupun setiap kali dipanggil.

7. Harga
First class pada umumnya jauh lebih mahal dibanding business class. Hal tersebut tentu wajar mengingat pelayanan keduanya terdapat banyak perbedaan, sekalipun di beberapa terdapat beberapa persamaan.

Leave a Reply