Ada Pramugari di Bus AKAP, Dari Layani Penumpang Hingga Turunkan Barang di Bagasi

0
ilustrasi pramugari bus (isrimewa)

Pesawat punya pramugari, kereta api juga punya, nah bagaimana dengan bus Antar Kota Antar Provinsi atau AKAP? Ternyata bus AKAP juga punya loh pramugari untuk melayani penumpang. Kehadiran pramugari ini dalam upaya peningkatan kualitas penyedia layanan bus atau perusahaan otobus (PO).

Baca juga: Imbas Covid-19, PO Bus Sepi Penumpang dan Tengah Cari Solusi

Ada beberapa PO bus yang menggunakan pramugari untuk membantu pelayanan dalam bus. Penasaran apa saja yang dilakukan pramugari dalam bus AKAP? Pramugari ini dalam bus AKAP memberikan pengumuman kepada penumpang sebelum jalan sepeerti kelas, kota tujuan, waktu tempuh dan fasilitas yang diberikan. Selain itu juga pramugari menjelaskan penggunaan toilet ketika bus berjalan.

Seperti pramugari di pesawat, pramugari di bus AKAP juga akan melayani penumpang seperti memeriksa AC di kursi dan membagikan minuman. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, pramugari membantu memeriksa tiket dan memberikan arahan perjalanan kepada penumpang yang membutuhkan informasi.

Selain itu ada juga himbauan untuk menjaga kebersihan dan barang bawaan. Selanjutnya juga ada yang memberitahu di mana bus akan berhenti untuk melakukan isitrahat dan servis makan untuk penumpang.

Pramugari bus juga bertugas membuka bagasi barang penumpang. Tugas ini cukup unik karena sebelumnya dilakukan oleh para kondektur bus. Hanya bedanya kondektur tidak melayani penumpang seperti pramugari bus.

Dalam sehari pramugari ini menempuh perjalanan pulang pergi sesuai jadwal bus. Itu berarti ia bertugas dalam perjalanan sejauh 400-500 km dengan total waktu tempuh selama sepuluh jam bahkan lebih jika macet. Sebuah jarak yang cukup jauh untuk seorang awak bus wanita. Pramugari bus AKAP dalam perjalanan akan duduk di samping pengemudi.

Untuk pertama kali, bus yang menggunakan pramugari adalah PO Efisiensi yang melayani trayek Yogyakarta-Purwokerto-Purbalingga dan Yogyakarta-Cilacap serta arah sebaliknya. PO yang satu ini menjadi primadona di jalur selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Pemberian Kupon Makan oleh PO Bus, Bagaimana di Bulan Ramadhan?

Kemudian pramugari juga ternyata hadir di PO Rosalia Indah, PO Muji Jaya, Po Mtrans, PO Sinar Jaya dan Cyber Bus. Tak hanya unik, kondektur wanita atau pramugari bus juga menambah kesan manis selama perjalanan. Pramugari-pramugari ini membuat perjalanan semakin nyaman.

Leave a Reply