Ada “Thomas & Friends” dalam Gerbong Khusus Keluarga di Kereta Bawah Tanah Tokyo

0
(Kyodo News)

Ruang untuk lansia dan penyandang disabilitas sudah jamak ada di moda transportasi massal masa kini. Di Indonesia baik MRT, kereta rel listrik (KRL) hingga TransJakarta sudah melengkapi bagian khusus ini. Namun bagaimana dengan ruang khusus orang tua yang membawa anak-anak?

Baca juga: MRT Jakarta: Pemberlakuan Gerbong Khusus Wanita Hanya di Jam Tertentu

Pasalnya anak-anak cukup berisik dan tidak bisa diam alias duduk dengan tenang ketika menggunakan transportasi massal. Sebab naluri anak-anak mereka yang memiliki keingintahuan cukup besar hingga mondar-mandir dan bertanya kepada orang tuanya tentang segala hal yang mereka lihat dalam perjalanan.

Karena hal ini, kemudian kereta bawah tanah di Tokyo akhirnya menyediakan ruang khusus yang ramah anak. Gerbong kereta bawah tanah Tokyo ini dihiasi dengan karakter animasi asal Inggris yang populer yaitu Thomas & Friends.

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman japantoday.com (31/7/2019), gerbong ini sendiri diperlihatkan ke media pada Selasa (30/7/2019) atau satu hari sebelum mulai di uji coba yang tujuannya untuk akses yang memudahkan keluarga dengan membawa anak-anak. Ada enam gerbong di jalur Oedo Toei Subway yang menawarkan ruang dukungan pengasuhan anak atau penitipan anak ini yang dihiasi oleh karakter Inggris yang menggambarkan tokoh kereta tersebut.

Stiker-stiker tersebut tidak hanya dipasang di bagian luar gerbong untuk menandai ruang khusus, tetapi juga di bagian dalam gerbong. Ini agar penumpang yang membawa kereta bayi serta keluarga dengan anak-anak lebih merasa nyaman saat menggunakan kereta.

Tokyo sebagai pusat kota sebenarnya terkenal dengan kereta api yang penuh sesak di jam-jam sibuk. Penumpang dengan membawa anak-anak sering dianggap mengganggu dan tidak dianjurkan menggunakan layanan transportasi umum seperti kereta api.

“Lucu sekali,” kata Gubernur Tokyo Yuriko Koike ketika memasuki gerbong khusus tersebut.

Dia memeriksa ruang karena pemerintah metropolitan mengoperasikan layanan kereta bawah tanah.

Baca juga: Tujuan Hello Kitty Land, Kereta di Tokyo Dibalut Livery dan Interior Hello Kitty

“Ruang ini mengirimkan pesan bahwa tidak apa-apa ditemani oleh anak-anak. Aku ingin menjadikan Tokyo tempat yang nyaman untuk hidup bagi semua orang,” kata Koike.

Jadwal operasi kereta ramah anak akan dirilis di situs web Biro Transportasi pemerintah Tokyo setiap pagi. Pemerintah kota mengatakan akan mempelajari apakah akan memperluas layanan setelah mendengar pendapat pengguna.

Leave a Reply