AERQ Tawarkan Pendekatan Holistik untuk Digitalkan Kabin Pesawat

0
AERQ system (runwaygirlnetwork.com)

In Flight Entertainment (IFE) di masa pandemi banyak yang tidak diaktifkan dalam penerbangan beberapa maskapai, salah satunya di India. Meski begitu Lufthansa Technik (LTH) dan LG dari Korea Selatan justru tengah berupaya memaksimalkan IFE di masa pandemi, sebagai dari upaya baru untuk mendigitalkan kabin pesawat.

Baca juga: Lion Air Telah Hadirkan “WiFi on Board Entertainment” di Tujuh Armada Boeing 737-900ER

KabarPenumpang.com merangkum runwaygirlnetwork.com (24/8/2020), LHT dan LG bermitra serta menghadirkan merek baru AERQ yang muncul pada musim gugur lalu. Di mana mereka mengajukan gagasan untuk menambahkan lebih banyak papan reklame digital termasuk “Papan Selamat Datang” yang terbuat dari layar OLED besar. Direktur pelaksana AERQ Arnd Kikker dan Sangsoo Lee mengatakan, bahwa visi AERQ telah berkembang dengan mencakup platform TI terbuka, layar IFE di kursi dan elemen penting lainnya.

“Platform AERQ mencakup titik kontak seperti Sistem Inseat dan Papan Iklan Digital Kabin. Sistem Inseat memberi penumpang pengalaman hiburan dalam pesawat yang luar biasa, termasuk integrasi perangkat mereka sendiri. Layar Cabin Digital Signage didasarkan pada teknologi OLED terbaru. Papan Selamat Datang adalah bagian dari solusi layar. Ini dapat menyambut penumpang di dalam pesawat dan berfungsi juga untuk meningkatkan merek maskapai sambil memberikan informasi yang relevan dengan penumpang,” jelas Kikker.

Dia mengatakan, teknologi yang sama dapat diterapkan pada panel langit-langit untuk memberi penumpang pengalaman kabin yang disesuaikan dan memungkinkan maskapai dalam meningkatkan kesadaran mereka. Kikker menjelaskan AERQ merupakan platform TI terbuka yang terdiri dari titik kontak onboard serta arsitektur perangkat lunak yang memungkinkan kontrol dan penyesuaian.

Sedangkan LG menyediakan semua layar seperti papan tanda digital kabin dan layar IFE di semua sandaran kursi yang dilengkapi LCD 4K mutakhir. Di masa pandemi ini, layar IFE juga menampilkan protokol kesehatan dan keselamatan baru. Dalam Op-Ed baru-baru ini untuk RGN, kepala El Al hiburan & konektivitas dalam penerbangan, Tal Kalderon membuat kasus untuk menghubungkan layar IFE di belakang kursi ke Internet untuk memungkinkan penumpang terhubung ke akun pribadi penyedia streaming mereka (misalnya, Netflix, Amazon, Disney +, Spotify).

“Pada tahap pertama, mungkin karena takut menyentuh layar yang disebabkan oleh Covid-19, kami cukup mengaktifkan Mirroring perangkat pintar ke layar sehingga penumpang dapat menghindari menyentuh layar hanya dengan menggunakan perangkat pribadi mereka. Tapi setelah pandemi berlalu, penggunaan seatback screen lebih diutamakan,” kata Kalderon.

Lee menambahkan, AERQ menawarkan pendekatan holistik untuk mendigitalkan kabin pesawat yang mana maskapai penerbangan harus memiliki kebebasan dan fleksibilitas tertinggi dalam hal menciptakan pengalaman kabin digital. Apalagi penumpang ingin mengalami perjalanan mereka dengan lebih personal, nyaman dan menghibur. Sehingga layar sentuh di kursi yang dapat disesuaikan akan menjadi semakin penting untuk jarak pendek dan jarak jauh. Maskapai juga dapat menyampaikan merek mereka melalui layar.

“Ponsel cerdas penumpang adalah bagian penting dari rencana digitalisasi kabin AERQ. Ya, ponsel penumpang adalah bagian dari Sistem Inseat yang memungkinkan penumpang mengintegrasikan perangkat mereka sendiri. Konektivitas WiFi sederhana dan perpaduan Bluetooth menciptakan pengalaman hiburan kelas atas. Perangkat seluler penumpang menjadi terintegrasi sebagai titik kontak untuk informasi, pembayaran, dan personalisasi. Perangkat kru juga akan terhubung,” kata Lee.

Dia menambahkan, AERQ sekarang berfokus untuk mengembalikan kendali maskapai atas pengalaman kabin penumpang dan menjadikan mereka pemilik semua data penumpang digital. Kikker menjelaskan, kehadiran mereka untuk menjadikan maskapai sebagai playmaker bagi pengalaman kabin mereka sendiri.

Baca juga: Panasonic dan Emirates Hadirkan Teknologi Hiburan Tingkat Tinggi di Boeing 777-300ER

Sebab setiap maskapai tahu apa yang mereka butuhkan dan pesawat harus dianggap sebagai pusat data. Sehingga langkah pertama untuk mendigitalkan kabin pesawat adalah platform IT terbuka yang menghubungkan titik-titik antara penumpang, kru, dan pengembang. Platform AERQ dirancang untuk memungkinkan kontrol dan penyesuaian penuh oleh maskapai penerbangan.

Leave a Reply