Tuesday, April 16, 2024
HomeAnalisa AngkutanAirbus Sukses Jalani Penerbangan Formasi Transatlantik, Hemat 6 Ton Emisi Karbon

Airbus Sukses Jalani Penerbangan Formasi Transatlantik, Hemat 6 Ton Emisi Karbon

Airbus sukses melakukan demonstrasi penerbangan formasi ‘fello’fly’ jarak jauh atau transatlantik pertama, dari Toulouse, Perancis, ke Montreal, Kanada, mendarat di Bandara Internasional Montreal-Trudeau. Hasilnya, terbukti bahwa penerbangan formasi menghemat 6 ton emisi karbon atau menghemat lebih dari 5 persen per penerbangan pada penerbangan jarak jauh.

Baca juga: Airbus Tiru Formasi Angsa dalam Uji Coba “Fello’Fly” untuk Menghemat Bahan Bakar

Demonstrasi penerbangan formasi ‘fello’fly’ yang berlangsung pada 9 November 2021 ini melibatkan dua pesawat uji Airbus A350, MSN1 sebagai pemimpin dan MSN59 sebagai pengekor.

Laporan aviation24.be, selama menjalankan fello’ fly, antar mereka dibatasi jarak masksimal 3km (1.5nm) dan pesawat yang berada di belakang memposisikan 304 meter (1.000 kaki) di bawah leader (pesawat yang ada di depan).

Hal ini (menjaga jarak 3 km dan 304 meter di bawah leader) dimungkinkan dengan dukungan teknologi sistem kontrol penerbangan mutakhir Airbus, sehingga jarak antar pesawat tetap stabil. Selama perjalanan menuju bandara tujuan, leader memimpin komunikasi dengan ATC.

Pesawat yang berada di belakang menikmati updraft atau hentakan ke atas (biasa juga disebut vertical draft) efek dari wingtip vortex yang dihasilkan pesawat yang berada di depan.

Dengan begitu, pesawat yang berada di belakang tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra dan pada akhirnya membuat penerbangan jadi jauh lebih hemat bahan bakar. Ini tentu sejalan dengan semangat dekarbonisasi atau bebas emisi karbon di sektor penerbagan pada 2050 mendatang.

Selain teknologi, penerbangan ini dimungkinkan berkat kerjasama dari mitra manajemen lalu lintas udara dan penyedia layanan navigasi, seperti DSNA, NATS, NAV CANADA, Eurocontrol, IAA, dan DGAC.

“Penerbangan demonstrasi ini adalah contoh nyata dari komitmen kami untuk membuat peta jalan dekarbonisasi kami menjadi kenyataan. Ini juga berbicara tentang bagaimana kolaborasi di seluruh industri akan menjadi kunci untuk mewujudkannya,” kata Sabine Klauke, Chief Technical Officer Airbus.

“Kami telah menerima tingkat dukungan yang kuat untuk proyek ini dari maskapai penerbangan dan mitra lalu lintas udara kami, ditambah regulator. Peluang untuk menyebarkan ini untuk pesawat penumpang sekitar pertengahan dekade ini sangat menjanjikan. Bayangkan potensinya jika fello’fly diterapkan di seluruh industri!,” lanjutnya.

Dalam demonstrasi penerbangan formasi ‘fello’fly’ transatlantik tersebut, pilot dari mitra maskapai Airbus, SAS Scandinavian Airlines dan Frenchbee, turut hadir dan mengamati jalannya program dan menikmati langsung sensasi terbang formasi “V” seperti angsa saat bermigrasi.

Baca juga: Airbus Dorong Penerbangan “Fello’Fly” Guna Capai Efisiensi Bahan Bakar Hingga 15 Persen

Setelah keberhasilan uji coba penerbangan formasi atau fello’fly pada 2016, 2019, 2020, dan 9 November 2021 lalu, Airbus dan mitranya lanjut mencari dukungan dari lebih banyak pihak sebelum menjalani sertifikasi. Andai lolos, bukan tidak mungkin ini akan diterapkan secara global.

Diluncurkan pada tahun 2019, fello’fly adalah proyek demonstrasi penerbangan yang diselenggarakan oleh Airbus UpNext, anak perusahaan Airbus yang fokus pada inovasi, menggunakan biomimikri (desain dan produksi bahan, struktur, dan sistem yang terinspirasi oleh alam).

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru