Cina Luncurkan Kapal Ferry Pesiar Terbesar dan Hemat Energi untuk Italia

0
Moby Fantasy diluncurkan di Tiongkok pada 6 November 2021. Foto: Moby Lines

Galangan rasksasa dari Cina, Guangzhou Shipyard Internasional (GSI) baru saja meluncurkan salah satu kapal ferry pesiar terbesar di dunia. Ini juga akan menjadi yang terbesar yang akan beroperasi di laut Mediterania. Tidak itu saja, ferry pesiar tersebut menjadi salah satu yang paling hemat energi yang pernah dibuat.

Baca juga: Stena Hollandica, Inilah Kapal Ferry Terbesar dengan Fasilitas ala Kapal Pesiar

Bernama Moby Fantasy, kapal ferry baru ini adalah yang pertama dari dua ferry terbesar yang sedang dibuat untuk menggantikan empat kapal tua yang beroperasi di Italia dan Pulau Sardinia oleh Moby Lines milik Onorato Armatori. KabarPenumpang.com merangkum maritime-executive.com (8/11/2021), peluncuran Moby Fantasy berlangsung pada 6 November 2021.

Berbagai foto dengan sudut pandang memberikan tampilan pertama pada profil unik dan ruang lambung yang dibuat untuk meningkatkan efisiensi kapal saat beroperasi. Desain, yang dikembangkan oleh OSK ShipTech, berusaha untuk mewujudkan dan memaksimalkan skala ekonomi sekaligus mengurangi jejak lingkungan untuk kapal.

Dipesan pada tahun 2019, masing-masing kapal ferry akan memiliki berat sekitar 69.500 gross ton yang menjadikannya seukuran kapal pesiar berukuran sedang. Satu-satunya ferry yang lebih besar saat ini beroperasi berjalan di Laut Baltik untuk Color Line. Ferry baru Moby masing-masing punya panjang 236 meter dan lebar 36 meter.

Setiap kapal diketahui bisa menampung hingga 2.500 penumpang di 550 kamar yang tersedia di kabin. Mereka juga akan memiliki kapasitas hingga 1.300 mobil atau 300 truk. Moby mempromosikan ferry sebagai yang paling hijau yang pernah dibuat. Terlepas dari ukurannya, mereka akan menggunakan energi hingga 30 persen lebih sedikit daripada kapal ferrry besar saat ini.

Setiap kapal akan dilengkapi dengan mesin diesel Wartsila dan scrubber gas buang hybrid. Menurut Moby, jika diperlukan di kemudian hari, kapal ini juga dilengkapi dengan kemungkinan beralih dari bahan bakar tradisional ke LNG. Moby Fantasy punya kecepatan jelajah 23,5 knot dan kecepatan puncak 25 knot. Selain ukurannya, Moby Fantasy dilengkapi dengan fasilitas yang serupa dengan kapal pesiar modern.

“Ini mewakili konsep revolusioner untuk kapal feri seperti yang kita kenal sekarang. Perabotan, peralatan onboard, dan kabin lebih mirip dengan yang ada di kapal pesiar daripada ferry,” tulis Moby.

Baca juga: Star Ferry Hong Kong Disulap Jadi Kapal Pesiar Mewah Oleh Penggemar Berat

Setiap detail telah dirancang untuk memastikan kualitas maksimal, termasuk di kabin dan area publik. Bagian dari area penumpang juga dirancang untuk ditutup selama musim sepi turis di rute tersebut. Moby Fantasy akan beroperasi mulai 2023 yang diikuti kemudian oleh Moby Legacy.