Airbus Tampilkan Desain Taksi Drone CityAirbus Next Generation, Lebih Canggih dan Tidak Berisik

0
CityAirbus Next Generation

Setelah prototipe CityAirbus sukses terbang perdana pada 3 Mei 2019, kini Airbus Helicopters diwartakan telah mengembangakn desain taksi drone lanjutan yang lebih canggih. Diberi label CityAirbus Next Generation (NextGen), wahana yang digadang sebagai Urban Air Mobility (UAM) ini hadir dengan teknologi yang sepenuhnya bertenaga listrik, dilengkapi sayap tetap, ekor berbentuk V, dan delapan baling-baling sebagai bagian dari sistem propulsi terdistribusi yang unik.

Baca juga: CityAirbus, Prototipe Taksi Drone Lansiran Airbus, Mengudara di Akhir Tahun Depan

Dikutip dari siaran pers Airbus, desain CityAirbus NG ditampilkan dalam #AirbusSummit pertama yang bertema “Pioneering Sustainable Aerospace.” Drone taksi ini dirancang untuk mengangkut hingga empat penumpang dalam penerbangan tanpa emisi.

“Kami sedang menciptakan pasar yang sama sekali baru dan secara berkelanjutan mengintegrasikan mobilitas udara perkotaan sambil menangani masalah lingkungan dan sosial. Airbus yakin bahwa tantangan sebenarnya adalah tentang integrasi perkotaan, penerimaan publik, dan manajemen lalu lintas udara otomatis, seperti halnya teknologi kendaraan dan model bisnis,” kata Bruno Even, CEO Airbus Helicopters.

CityAirbus generasi pertama.

CityAirbus sedang dikembangkan untuk terbang dengan jangkauan 80 km dan mampu mencapai kecepatan jelajah 120 km per jam, sehingga sangat cocok untuk operasi di kota-kota besar untuk berbagai misi.

Tingkat suara (Sound levels) menjadi faktor kunci untuk misi perkotaan; dan tingkat suara CityAirbus di bawah 65 dB(A) selama fly-over dan di bawah 70 dB(A) saat mendarat. Ini dioptimalkan untuk efisiensi hover dan cruise, sementara wahana ini tidak memerlukan permukaan yang bergerak atau bagian yang dimiringkan selama transisi.

CityAirbus NextGen memenuhi standar sertifikasi tertinggi (EASA SC-VTOL Enhanced Category). Dirancang dengan mempertimbangkan kesederhanaan, CityAirbus NextGen akan menawarkan kinerja ekonomi terbaik di kelasnya dalam pengoperasian dan dukungan terkait.

Baca juga: Taksi Drone Otonom EHang 216 Bakal Manjakan Pengunjung Kota Wisata Terpopuler di Guangdong

Kini CityAirbus NextGen sedang dalam fase desain terperinci dan penerbangan pertama prototipe direncanakan pada tahun 2023. “Kami telah belajar banyak dari kampanye uji coba dengan dua demonstran kami, CityAirbus dan Vahana”, kata Even. Ia menambahkan, CityAirbus NextGen menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia dengan arsitektur baru yang memberikan keseimbangan yang tepat antara melayang dan terbang ke depan. Prototipe ini membuka jalan untuk sertifikasi yang diharapkan sekitar tahun 2025.”