Akibat Jalan Sembari Melihat layar Ponsel, 143 Orang Tercatat Cedera Saat Berada di Stasiun MRT Taipei

0
Ilustrasi ponsel digunakan penumpang di stasiun dan dalam gerbong MRT Taipei

Milenial saat ini lebih banyak menunduk sembari berjalan karena melihat layar ponsel mereka. Hal ini pula yang membuat mereka terjatuh atau menyenggol orang lain karena sibuk dengan ponselnya. Masalah klasik ini rupanya menjadi catatan tersendiri di stasiun MRT Taipei, Taiwan, di mana banyak orang terjatuh dan cedera akibat berjalan sembari menggunakan ponsel mereka.

Baca juga: Bagi-Bagi Hadiah! MRT Taipei Metro Rayakan Penumpang Ke-10 Miliar

KabarPenumpang.com melansir taipeitimes.com (12/10/2021), saat ini sebanyak 143 orang tercatat mengalami jatuh dan cedera di stasiun MRT Taipei atau ketika berada di dalam kereta selama delapan bulan belakangan. Karena banyak yang cedera, Taipei Rapid Transit Corp langsung mendesak penumpang dan calon penumpang untuk menghindari melihat ponsel mereka saat berjalan.

Mereka menyebutkan 73 kasus “cedera berjalan yang terganggu” telah terjadi di sistem Mass Rapid Transit (MRT) Taipei dari Januari hingga Agustus 2021, dimana situasi Covid-19 lokal telah terkendali, lalu lintas penumpang telah meningkat, mencapai sekitar 1,5 juta perjalanan per hari bulan lalu.

Namun, banyak penumpang yang melihat ponsel mereka saat berjalan melalui stasiun MRT, yang dapat menyebabkan tabrakan dengan penumpang lain atau cedera karena jatuh dari tangga. Dari data perusahaan, sebanyak 143 orang mengalami cedera jatuh di stasiun MRT atau di dalam kereta dari Januari hingga Agustus, di mana 73 (44 persen) disebabkan oleh “gangguan berjalan” dan 25 (15 persen) disebabkan oleh penumpang lain.

Baca juga: Taipei Hadirkan Sistem Inframerah untuk Cek Suhu Tubuh Penumpang MRT

Sebuah poster yang menampilkan karakter “Shiba Says” yang mendesak penumpang untuk “memperhatikan saat berjalan untuk menghindari cedera” telah dipasang di banyak stasiun dan di dalam gerbong kereta. Perusahaan juga menggunakan tampilan visual elektronik dan pengumuman publik di dalam stasiun MRT untuk mengingatkan orang agar tidak melihat ponsel mereka saat berjalan untuk mencegah terjadinya insiden.