ANA Uji Coba Bus Otonom Angkut Karyawan di Bandara Haneda

0
Ilustrasi maskapai ANA. Foto: aviationpros.com

Bus otonom atau tanpa pengemudi, kini mulai wara wiri di area bandara, seperti belum lama ini All Nippon Airways atau yang dikenal dengan ANA mulai melanjutkan inovasi dalam teknologi otonom dengan mengandalkan serangkaian tes untuk prototipe bus tanpa pengemudi di Bandara Haneda Tokyo, Jepang.

Baca juga: Bus Otonom Pertama di Jepang Meluncur di Prefektur Ibaraki

Bahkan dari rangkaian uji coba ekstensif, ANA menjadi maskapai Jepang dan pertama di dunia yang menggunakan kendaraan ototnom untuk mengangkut karyawan di bandara. Bus membentuk komponen utama dari visi ANA untuk bandara “Sederhana & Cerdas” di masa depan yang akan dicapai melalui penerapan teknologi otonom berkelanjutan secara luas.

“Di ANA, kami terus mencari cara untuk memanfaatkan teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi. Selain menandai langkah maju yang signifikan untuk bandara, bus otonom yang sepenuhnya bertenaga listrik akan menghasilkan lebih sedikit emisi dan penurunan jejak karbon di bandara,” kata Masaki Yokai, wakil presiden senior ANA yang dikutip KabarPenumpang.com dari aviationpros.com (1/2/2021).

Uji coba tersebut berlangsung pada 1-12 Februari kemarin dan mengangkut sebanyak 57 karyawan dalam satu waktu. Selain mengembangkan bus canggih, ANA sebelumnya sudah menguji teknologi otonom mereka di Bandara Kyusu Saga. ANA melakukan uji coba terbaru ini bekerja sama dengan inisiatif mobilitas BOLDLY Softbank, Advanced Smart Mobility, dan BYD Jepang.

Pengujian akan dibatasi pada area terlarang di Bandara Haneda tempat pesawat dan kendaraan kargo berada. Nantinya, jika uji coba ini berhasil, ANA menargetkan untuk menerapkan teknologi bus tanpa pengemudi di bandara-bandara lain pada tahun 2025. Pengujian putaran pertama dilakukan pada Februari 2018, dengan pengujian selanjutnya selama Q1 tahun 2019 dan 2020 untuk lebih menyempurnakan teknologinya.

Sistem otonom memberikan umpan balik waktu nyata yang dapat digunakan petugas operator untuk mengevaluasi status kendaraan setiap saat. Selain membantu menyempurnakan teknologi di balik bus otonom, pengujian tersebut akan membantu pengembang lebih memahami bagaimana penerapannya di bandara untuk efisiensi maksimum.

Baca juga: Bus Listrik Otonom Melenggang Mulus di Bandara Haneda

Tak hanya otonom, bus juga dilengkapi dengan motor listrik sebagai penggeraknya agar lebih ramah lingkungan. Untuk diketagui, bus otonom ini adalah contoh terbaru ANA bekerja untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi. Selain meringankan beban kerja karyawan Haneda, ANA bertujuan menciptakan layanan yang lebih efisien bagi mereka yang bepergian melalui bandara di masa depan.

Leave a Reply