Anda Lupa Jaga Jarak, Cincin Pintar ini Bisa Ingatkan Penggunanya

0
Cincin pintar Wave for Work mudahkan orang jaga jarak (newatlas.com)

Menjaga jarak dengan orang lain di masa pandemi saat ini sangat disarankan untuk mencegah penularan virus corona. Namun, meski sudah ada aturan seperti itu, banyak orang di antaranya masih kerap kali mengabaikannya dan tetap berdekatan. Selain itu ini menjaga jarak juga membuat orang lebih banyak memilih bekerja di depan komputer dan menghadiri rapat melalui panggilan viedo seperti Zoom atau lainnya.

Baca juga: “Blue Carpet,” Solusi Futuristik Atur Antrian dan Jaga Jarak Saat Boarding di Bandara

Tapi, kini tidak perlu khawatir ketika keluar rumah atau lupa untuk menjaga jarak saat di ruang publik. Pasalnya sebuah cincin akan mengingatkan Anda untuk menjaga jarak dengan orang lain yang berada di sekitar. KabarPenumpang.com melansir laman newatlas.com (30/3/2021), ini adalah cincin pintar Wave for Work yang baru saja dilaunching untuk membantu menjaga jarak.

Didesain oleh startup Islandia Genki Instruments, Wave for Work didasarkan pada teknologi yang sama dengan cincin pintar Wave sebelumnya. Cincin pertama dirilis pada tahun 2018, perangkat nirkabel yang dipasangkan dengan komputer memungkinkan pengguna yang memiliki kecenderungan musik untuk “membentuk suara” dan mengontrol efek melalui gerakan tangan.

Sedangkan Wave for Work berfungsi dengan cara yang sama, tetapi lebih ditujukan untuk mengontrol aplikasi seperti Zoom, Skype, PowerPoint, Microsoft Teams dan Keynote. Meskipun demikian, ini juga dapat digunakan untuk tugas terkait musik, seperti memutar, menjeda, melewatkan lagu dan menyesuaikan volume di aplikasi seperti Spotify. Cincin ini dikenakan pada jari telunjuk yang sebenarnya bekerja dalam dua cara.

Pertama-tama, ini mengenali gerakan menggulung tangan, yang dapat ditetapkan pengguna ke fungsi pilihan mereka. Cincin pintar ini juga memiliki tiga tombol fisik, yang dengan mudah didorong oleh ibu jari. Masing-masing juga dapat ditetapkan ke suatu fungsi, yang ditampilkan pada layar sederhana di atas ring.

Genki mengatakan bahwa, cincin Wave for Work dapat digunakan untuk mematikan mikrofon atau mengatur kamera selama konferensi video, untuk memulai dan menjalankan tayangan slide atau untuk meluncurkan program saat pemakainya bergerak di sekitar ruangan. Cincin ini kompatibel dengan sistem operasi macOS dan Windows 10, dan dapat berkomunikasi dengan komputer dari jarak hingga sepuluh meter.

Baca juga: Maksimalkan Jaga Jarak, Emirates Tawarkan Penumpang Blokir Kursi, Segini Harganya

Satu kali pengisian baterainya dilaporkan bisa digunakan selama lebih dari delapan jam penggunaan. Cincin dijual seharga US$99 atau sekitar Rp1,4 juta. Cincin pintar Ring dan Fin serupa keduanya tampaknya tidak lagi diproduksi.

Leave a Reply