Antisipasi Musim Mudik, Menhub Siapkan Rute Ferry Tanjung Priok – Tanjung Emas

0
Republika.co.id

Lebaran masih dua bulan lagi, namun hampir semua tiket moda transportasi sudah habis tak tersisa. Habisnya tiket ini, membuat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merencanakan pembukaan rute khusus angkutan laut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

“Kita rencanakan ini ada beberapa kapal (angkutan orang) yang akan ke Semarang selama masa Lebaran 2017, tetapi kalau untuk yang logistik kita akan gunakan untuk ke Surabaya, tapi untuk Lebaran khususnya kita akan bicara sama teman-teman (operator) untuk menuju ke Semarang,” kata Budi, dikutip dari dephub.go.id (19/4/2017) usai meninjau kapal Roro lintas Tanjung Priok – Panjang Lampung di Ex Presiden, Pelabuhan Tanjung Priok.

Budi mengatakan, ini dibuat untuk mengantisipasi adanya lonjakan jumlah penumpang pada angkutan di masa lebaran berlangsung. Sehingga rute ini ditargetkan sudah bisa beropaerasi sebelum masa puasa.

dephub.go.id
dephub.go.id

“Kalau barang saya yakin tidak masalah yang angkutan penumpang ini yang harus dilakukan pengamatan supaya kita bisa melayani masyarakat dengan baik, kita maunya sebelum puasa,” ujarnya.

Selain angkutan penumpang, Budi mengatakan pengoperasian kapal Roro lintas Tanjung Priok menuju Panjang Lampung membuat pengusaha-pengusaha angkutan truk lebih baik lagi. Sebab, biaya pengangkutan akan sangat kompetitif. Menurutnya, dengan adanya lintas Tanjung Priok – Panjang akan memudahkan para pengusaha angkutan barang (truk) untuk pengangkutan barang.

Dia menambahkan, pemerintah pusat harus terus mendukung kapal Roro untuk digunakan sebagai angkutan barang (truk) untuk mengurangi beban jalan yang saat ini menurutnya sudah berlebihan dan Kementerian Perhubungan akan mempekuat aturan jembatan timbang untuk truk. Selain itu Public Service Obligation (PSO) akan diberikan bila benar-benar di perlukan atau keadaan mendesak.

Leave a Reply