India Hadirkan Kereta Kubah Kaca Untuk Tarik Wisatawan

Sumber: newindianexpress.com

Pada hari Minggu (16/4/2017) kemarin, Menteri Kereta Api India, Suresh Prabhu meluncurkan sebuah kereta wisata dimana pada bagian atap kereta terpasang kaca bening yang memungkinkan penumpangnya melihat pemandangan di atasnya. Nantinya, kereta berjuluk Vistadome Coaches ini nantinya akan beroperasi dari Visakhapatnam menuju Araku.

Beberapa sarana penunjang turut terpasang di dalam kereta ini, seperti kubah kereta yang terbuat dari kaca bening, bangku yang bisa diputar, Global Positioning System (GPS), dan fasilitas hiburan yang ada di dalam kabin, seperti beberapa buah televisi yang terpasang menggantung di atap kabin. Kaca bagian sisi kereta pun terlihat sedikit lebih besar dari ukuran normal. 40 kursi yang tersedia di setiap gerbong dan berbalut kain hijau seakan siap menemani Anda yang hendak bepergian menggunakan kereta ini.

Sumber: news18.com
Sumber: news18.com

Walaupun kereta dengan corak strip biru oranye pada bagian luarnya ini baru saja dirilis pada Minggu (16/4/2017) kemarin, namun hal tersebut tidak menyurutkan antusias warga India untuk menyaksikan langsung kereta yang sudah lama mereka nanti-nantikan itu. Dalam acara inaugurasi pada Minggu kemarin, Suresh mengatakan kereta tersebut mulai akan beroperasi pada hari Kamis (20/4/2017) mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Suresh mengatakan peluncuran dari Vistadome Coaches ini merupakan sebuah inisiasi terhadap apa yang akan dilakukan pemerintah untuk kedepannya. ”Sedang merencanakan sesuatu untuk memperkenalkan layanan Vistadome di negara bagian timur laut yang terkenal akan keindahannya sebagai bagian untuk mengkampamyekan sektor pariwisata,” Ujar Suresh seperti yang dilansir dari laman newindianexpress.com, Senin (17/4/2017).

Sumber: newindianexpress.com
Sumber: newindianexpress.com

Dihimpun dari sumber yang sama, perkiraan harga tiket perjalanan yang dikenakan untuk menaiki kereta wisata ini berkisar antara 650 Rupee per orang atau setara dengan Rp135.000. Rencananya, kereta ini akan melayani satu trip pulang pergi setiap harinya.Kereta akan bertolak dari stasiun Vizag di Visakhapatnam pada pukul 07.15 waktu setempat menuju Araku, dan akan kembali menuju stasiun Vizag pada pukul 16.00 waktu setempat.

Selain kereta wisata Visakhapatnam menuju Aruku, pihak kementerian kereta api India juga tengah mempersiapkan dua rangkaian kereta yang ditujukan untuk kepentingan pariwisata, dengan tujuan  Kothavalasa- Kirandole. Satu dari dua rangkaian kereta tersebut sudah tiba di India sejak Sabtu (15/4/2017) kemarin, dan satu kereta lainnya direnacakan akan tiba di Negara yang terkenal dengan film Bollywoodnya itu dua minggu berselang setelah kedatangan kereta pertama. Bila Anda tengah berkunjung ke India, sempatkan diri Anda untuk menaiki kereta yang diusung-usung sebagai daya tarik wisata tersebut.