Apa Saja yang Hendaknya Tak Dilakukan Saat Mengudara? Cek Jawabannya Disini!

Sumber: istimewa

Kendati futuristik, memiliki harga tiket di atas moda lain, dan tidak semua orang pernah mengudara, tetap saja Anda sebagai penumpang harus menjaga tata krama dan mengetahui sejumlah fakta dasar ketika hendak naik pesawat. Jangan sampai perjalanan Anda terganggu karena mengabaikan sejumlah informasi tersirat ketika mengudara.

Baca Juga: Sebelum “Mengudara”, Kenali Dulu Yuk Kode Penerbangannya!

Oleh karena itu, KabarPenumpang.com sarikan sejumlah aktifitas yang sebaiknya Anda hindari ketika tengah mengudara menggunakan maskapai apapun, dilansir dari laman cosmopolitan.com.

Tidur Ketika Take Off dan Landing
Seperti yang kita ketahui bersama, Anda disarankan untuk tetap terjaga ketika pesawat baru take off atau hendak landing. Ini dikarenakan perubahan tekanan udara yang sangat drastis. Dikhawatirkan hal tersebut akan berdampak pada kondisi tubuh Anda, seperti pusing, infeksi telinga, gangguan pendengaran ringan, kerusakan gendang telinga, mimisan atau yang paling parah adalah kehilangan fungsi pendengaran.

Duduk Terlalu Lama Ketika Mengudara
Tekanan udara yang rendah ketika pesawat tengah mengarungi angkasa dapat memperlambat sirkulasi darah dan tidak menutup kemungkinan Anda akan terserang penggumpalan darah, terutama pada bagian kaki. Untuk meminimalisir ancaman tersebut, Anda bisa menggerakkan kaki Anda sesering mungkin dengan gerakan yang bervariasi.

Upayakan Untuk Tetap Terhidrasi
Sesingkat apapun perjalanan udara Anda, pastikan Anda tetap terhidrasi. Ini diakibatkan oleh udara di dala, kabin yang udara di dalam kabin yang sangat kering, mengakibatkan Anda akan kehilangan kelembaban tubuh secara cepat.

Jangan Minum Minuman Bersoda dan Beralkohol
Dilandaskan pada laporan dari Aerospace Medical Association, perubahan tekanan udara dapat menyebabkan kandungan gas di dalam tubuh meningkat hingga 25 persen. Analogi yang sama pun berlaku pada minuman besoda. Jadi, jangan minum minuman bersoda jika Anda tidak ingin merasa kembung ketika mendarat, ya!

Sedangkan untuk minuman beralkohol, pada awalnya memang dapat membantu Anda untuk dapat tertidur selama penerbangan, namun mamiliki efek samping ketika Anda terjaga. Sebut saja mengurangi kualitas tidur, membuat Anda dehidrasi, hingga memicu mabuk yang berkepanjangan.

Baca Juga: Mulai Alergi Kacang Hingga Abu Jenazah, Inilah Deretan Peraturan Unik di Maskapai

Jangan Makan Makanan yang Sudah Jatuh
Walaupun terlihat bersih, namun meja lipatyang biasa terdapat pada bagian belakang bangku penumpang ini menyimpan banyak sekali bakteri jahat yang siap mengancam kesehatan Anda. Jadi disarankan untuk membiarkan makanan yang sudah jatuh tersebut dan mengambil lagi yang baru.

Bertelanjang Kaki
Memang, tidak ada aturan tertulis tentang bertelanjang kaki selama penerbangan, namun seorang awak kabin yang namanya ingin tetap anonim tersebut mengaku karpet pelapis lantai kabin itu sangatlah kotor. Jika tidak percaya, silakan perhatikan bagian tersebut ketika Anda tengah mengudara. Mesti Anda akan menemukan remehan sisa makanan penumpang yang tercecer atau jenis sampah lainnya.