Atur Jarak Sosial, Pengemudi Taksi Dudukkan Manekin di Kursi Depan Penumpang

0
Hakan Atilgan pengemudi taksi online yang dudukkan manekin kursi depan penumpang (hurriyetdailynews.com)

Banyak cara untuk menjaga jarak sosial antara penumpang dengan pengemudi taksi konvensional maupun online. Selain menggunakan masker, mereka juga memasang pembatas atau partisi yang dibuat dari plastik antara bilik pengemudi dengan penumpang di belakangnya.

Baca juga: Taksi di Selandia Baru Gunakan Kode QR Guna Lacak Penumpang yang Terinfeksi Covid-19

Bahkan beberapa pengemudi juga benar-benar memproteksi diri mereka dengan menutup kursi pengemudi dengan pembatas sehingga penumpang masih bisa duduk di kursi depan. Namun, demi menjaga jarak sosial di masa pandemi Covid-19, ada hal unik lain yang buat oleh pengemudi taksi.

Ya, salah satunya yang dilakukan oleh pengemudi taksi online asal Turki. Di mana pengemudi tersebut menempatkan sebuah boneka manusia atau yang biasa disebut manekin di kursi depan penumpang sebelah kursi pengemudi.

Dilansir KabarPenumpang.com dari hurriyetdailynews.com (20/11/2020), pengemudi ini bernama Hakan Atilgan yang tinggal dan mengoperasikan taksinya di provinsi barat laut Düzce, Turki. Dia sengaja mendudukkan manekin tersebut di kursi depan penumpang dan melengkapinya dengan masker untuk menutupi hidung serta mulut untuk menunjukkan protkol kesehatan.

Atilgan mengatakan, dengan kehadiran manekin dan penggunaan masker selama berkendara tersebut, dirinya bahkan mendapat tanggapan dari para pelanggannya. Meski begitu, penumpang yang naik taksi secara berkelompok tidak menyukai pengaturan tempat duduk yang baru tersebut.

Dia menyebutkan bahwa, kursi depan sangat berisiko untuk diduduki penumpang. Sebab, orang terkadang bersin dan setiap orang yang berada di dalam mobil akan menghirup virus yang keluar dari mulut mereka.

Sehingga Atilgan mengatakan, dengan adanya manekin tersebut menjadi tindakan pencegahan awal sebelum terjadi hal yang tak diinginkan.

“Setiap orang peduli dengan kehidupan mereka sendiri. Itu sebabnya saya ingin warga peka tentang ini. Saya ingin mereka melindungi diri mereka sendiri dan kami sebanyak yang kami bisa, ”katanya.

Baca juga: Sebarkan Senyum Pada Pelanggan, Pengemudi Taksi Gunakan Kostum Badut

Tenzile Koç, pelanggan tetap Atılgan, menyatakan kepuasannya atas tindakan tersebut. Meskipun dia mengatakan dia suka bepergian di kursi penumpang depan sepanjang waktu, dia yakin beberapa kebiasaan harus diubah karena Covid-19.

Leave a Reply