Austrian Airlines dan Bandara Wina Uji Coba Tes Antigen Covid-19

0
uji coba tes antigen oleh Austrian Airlines dengan Bandara Wina

Tes antigen Covid-19 uji cobanya sudah dimulai oleh Austrian Airlines yang bekerja sama dengan Bandara Wina. Pada tahap awal, seluruh penumpang OS 229 dengan tujuan ke Berlin, Jerman akan mendapat kesempatan mengikuti rapid test sebelum keberangkatan pada periode 23 Oktober – 8 November 2020.

Baca juga: Alat Tes Corona Supercepat Buatan Israel Jadi Senjata Baru Bandara Eropa Cegah Covid-19

Tes ini dilakukan secara gratis dan sukarela di mana Bandara Wina sudah mendirikan pusat pengujian di area check in Terminal 3. Nantinya setelah mengikuti tes, hasil nya akan didapat oleh penumpang dalam waktu 10-15 menit, baik melalui SMS atau, atas permintaan, setelah pertanyaan pribadi.

Kemudian, boarding pass akan bisa aktif digunakan jika hasil tes negatif dan membuat para penumpang untuk masuk ke keamanan area dan gerbang. Tetapi bila sebaliknya yakni hasil positif, penumpang akan dirawat oleh layanan medis bandara untuk mengklarifikasi kondisi medis sepenuhnya.

Karena itu, langkah selanjutnya ditentukan oleh otoritas kesehatan yang bertanggung jawab. Di mana penumpang dapat memesan kembali atau membatalakan penerbangan mereka dengan Austria Airlines secara gratis.

“Pesawat sudah menjadi alat transportasi teraman di sektor transportasi umum. Namun, kami ingin melangkah lebih jauh, dan membuat perjalanan melalui udara lebih aman,” kata COO Austrian Airlines Jens Ritter yang dikutip KabarPenumpang.com dari aviation24.be (24/10/2020).

Banyaknya pembatasan perjalanan telah menyulitkan bandara dan maskapai penerbangan untuk memastikan operasi penerbangan yang stabil dalam beberapa bulan terakhir. Untuk alasan ini, dalam kerjasama dengan Bandara Wina, Austrian Airlines telah menetapkan tujuan untuk menunjukkan bagaimana seseorang dapat mengintegrasikan pengujian cepat ke dalam rantai perjalanan penumpang.

Grup Lufthansa bekerja dengan mitra dalam proses yang memungkinkan mobilitas antarbenua dan kebebasan untuk bepergian, juga selama pandemi virus korona, sambil menjaga perlindungan kesehatan. Temuan yang diperoleh dari uji operasi di Wina akan diintegrasikan ke dalam keseluruhan proyek yang dilaksanakan oleh Grup Lufthansa.

“Kami harus membongkar penghalang yang diciptakan oleh virus korona selama beberapa bulan terakhir. Untuk masa depan, tujuan kami adalah untuk mencapai pelonggaran yang sesuai dari pembatasan perjalanan. Namun, pertama-tama kami bertujuan untuk menunjukkan bagaimana program pengujian yang ditargetkan bisa bekerja”, jelas Ritter.

Julian Jäger, Anggota Dewan Manajemen dari perusahaan pengelola bandara Flughafen Wien AG, menambahkan, seluruh industri pariwisata dan perjalanan sangat membutuhkan solusi yang tahan terhadap masa depan. Jika uji coba berjalan dengan baik, pengujian dapat ditawarkan dalam skala yang lebih besar.

Sehingga penggunaan nasional di bandara dan oleh maskapai penerbangan dalam kerangka rezim pengujian seragam di seluruh Eropa dapat memungkinkan kebebasan untuk keluar dari krisis. Tes antigen cepat memberikan hasil yang cepat dan dapat diintegrasikan dengan baik ke dalam proses operasional perjalanan udara bagi penumpang, yang penting bagi ekonomi dan pariwisata.

“Proyek percontohan memungkinkan kami untuk melihat ke masa depan dalam waktu dekat dan, di atas segalanya, untuk menunjukkan kelayakan dari proses yang diperlukan. Ini akan memungkinkan tes antigen untuk digunakan secepat mungkin , asalkan mereka memiliki kualitas yang dibutuhkan dalam hal kepekaan dan spesifisitas. Dengan cara ini, kita mengambil langkah menuju ‘normalitas baru’ untuk memberikan kehidupan sosial dan ekonomi kita dorongan yang sesuai,“ ujar Sekretaris Negara Penerbangan Magnus Brunner.

Untuk diketahui, program pengujian ini, enumpang akan diberi tahu tentang kemungkinan pengujian sebelum keberangkatan melalui email pra-penerbangan dan undangan check in. Saat ini, tes antigen Covid-19 cepat tidak menggantikan tes PCR yang diamanatkan oleh otoritas kesehatan.

Baca juga: Gelar Rapid Test, Bandara Vancouver dan WestJet Airlines Jadi Contoh Penanganan Covid-19 di Kanada

Artinya, semua penumpang harus terus mematuhi peraturan masuk lokal. Kewajiban untuk mengenakan masker di dalam penerbangan Austrian Airlines serta di bandara tetap berlaku, kecuali anak-anak di bawah usia enam tahun dan penumpang yang dapat menunjukkan pernyataan medis yang sesuai serta tes PCR negatif (dengan hasil tidak lebih dari 48 jam).

Leave a Reply