Automatic Announcer di Kereta Jepang Error, Rekaman Komuter ini Undang Gelak Tawa!

Sumber: Wikimedia Commons

Kendati jaringan perkeretaapian Jepang selalu mendapat sorotan berkat performanya yang prima, armadanya yang canggih nan mutakhir, hingga tingkat On Time Performance (OTP) yang hampir sempurna, namun tetap saja operator kereta di sana pernah melakukan satu kesalahan – kendati tidak sedikit kereta-kereta di negara berjuluk Negeri Matahari Terbit ini sudah dioperasikan oleh sistem otomatis. Setelah pada beberapa waktu yang lalu salah satu operator kereta di Jepang meminta maaf karena mereka memberangkatkan kereta lebih cepat beberapa menit dari jadwal awal, kira-kira sekarang mereka bikin salah apa lagi ya?

Baca Juga: 5 Stasiun Tersibuk di Dunia, Semua Ada Di Jepang!

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman soranews24.com (26/3/2019), sebuah layanan kereta komuter di Jepang menyiarkan pengumuman tentang perjalanan yang tidak semestinya – dalam artian rekaman pengumuman tersebut bisa dibilang rusak sehingga menimbulkan audio yang mengundang gelak tawa setiap penumpang yang mendengarnya.

Merasa kejadian lucu ini terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja, salah seorang penumpang kereta komuter tersebut merekam dan mengunggah hasil rekamannya ke jejaring sosial Twitter. Adalah @Rapid_ACE223 yang mengunggah hasil rekamannya tersebut ke dunia maya pada 21 Februari 2019 silam, dan berhasil menuai lebih dari 35 ribu retweets dan 88.937 likes dari pengguna Twitter lain.

Dalam video berdurasi 1:44 itu, @Rapid_ACE224 menyertakan caption dalam bahasa Jepang yang berarti, “Pengumuman otomatis di Seibu Ikebukuro Line mengalami kerusakan,”

Dapat Anda dengar di pengumuman tersebut, sistem menyebutkan sejumlah Line yang sebenarnya tidak ada di dalam pengumuman.

“The Yarakucho Line, and the Fukutoshin Line, the JR Yamanote Line, and the Tozai Subway Line, and Kokubunji and Hon-Kawagoe and Seibuen the Kokobunji Line, the Ikebukuro Line, and Seibu-Shinjuku the Tamako Line, the Tama-monorail Line, and the Kokubunji Line and the Haijima the Haijima Line, the JR Chuo Line , the Keio Line, and the JR Chuo Line…”

Seperti itulah kurang lebih kerusakan yang dialami oleh sistem pengumuman otomatis di salah satu kereta komuter di Seibu Ikebukuro Line. Tentu saja, pengumuman semacam ini mengundang gelak tawa dari siapapun yang mendengarnya – terlepas dari aksen Bahasa Inggris orang Jepang yang terdengar lucu dan unik.

Baca Juga: Ternyata, Olimpiade 1964 Punya Pengaruh Penting Bagi Jaringan Kereta Shinkansen

Ternyata, kesalahan pengumuman semacam ini juga pernah terjadi di Indonesia, lho! Sekira awal September 2014 silam, KRL Jabodetabek yang menghubungkan stasiun Tanah Abang – BSD juga mengalami hal yang hampir serupa – hanya saja pengumuman di dalam kereta tersebut menggunakan bahasa Jepang. Ya, karena armada yang digunakan oleh Commuter Line Jabodetabek ini menggunakan produk Jepang, sehingga error yang terjadi pun menggunakan bahasa Jepang.

“Pas kereta berhenti di Sudimara, pengumumannya pakai bahasa Jepang,” ujar salah satu penumpang, dikutip dari laman detik.com (8/9/2014).