Wednesday, April 17, 2024
HomeHot NewsBabak Baru, Armada Boeing 787 Dreamliner Mulai Dihapuskan (Scrap)

Babak Baru, Armada Boeing 787 Dreamliner Mulai Dihapuskan (Scrap)

Bagi banyak maskapai, seri pesawat Boeing 787 Dreamliner masih menjadi andalan untuk melayani penerbangan jarak jauh. Terbang perdana pada 15 Desember 2009, sampai Januari 2023, sudah 1040 unit 787 diproduksi dan pesanan masih terus berjalan bagi pesawat yang tergolong baru ini. Namun, ada kabar bahwa sudah ada seri Boeing 787 yang akan segera dihapuskan (scrap).

Baca juga: Wow, 5 Bangkai Pesawat Ini Justru Jadi Spot Favorit Menyelam di Dunia

Bukan sebatas dipensiunkan, di-scrap artinya pesawat akan dibongkar dan komponennya akan dijual atau dimanfaatkan untuk tujuan lain. Pembongkaran dua unit Boeing 787 pertama yang akan dipensiunkan bakal dilakukan oleh EirTrade. Dan jangan dikira prosesnya cepat, untuk membongkar 787 membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk menyelesaikannya.

EirTrade Aviation telah diberi tugas membongkar dua Boeing 787 pertama yang akan dipensiunkan. Perusahaan manajemen dan perdagangan aset penerbangan global yang berbasis di Dublin ini akan membongkar kedua pesawat sekaligus untuk diambil suku cadangnya.

Pekerjaan tersebut kemungkinan akan memakan waktu sekitar tiga bulan untuk diselesaikan, dengan suku cadang akan tersedia pada akhir Q1 2023. EirTrade belum mengungkapkan identitas dari dua Boeing 787 yang akan dibongkar, menambahkan bahwa detail ini, untuk saat ini, tetap dirahasiakan.

Kedua pesawat tersebut akan menjadi Boeing 787 komersial pertama yang akan pensiun dari layanan, yang berarti bahwa saat ini tidak ada material bekas pakai – used serviceable material (USM) yang tersedia untuk jenis pesawat ini. Oleh karena itu, pekerjaan EirTrade akan menyediakan cara bagi maskapai penerbangan lain dan fasilitas pemeliharaan untuk mendapatkan suku cadang bekas dengan harga lebih murah.

Pekerjaan pembongkaran 787 tersebut akan dilakukan di salah satu fasilitas EirTrade di Prestwick, Skotlandia, dengan materi selanjutnya disimpan di Irlandia sampai pembeli yang cocok dapat ditemukan.

EirTrade tidak asing dengan pembongkaran pesawat berbadan lebar setelah terlibat dalam pembongkaran Airbus A380 pertama yang pensiun pada tahun 2019.

Baca juga: Kasihan, Boeing 747-8 VIP Bekas Kerajaan Arab Saudi ‘Dimutilasi’: Baru Mencatat 50 Jam Terbang

Dikutip dari Simple Flying, Boeing 787 Dreamliner penumpang tertua masih dioperasikan oleh All Nippon Airways. Pesawat terdaftar sebagai JA801A, dikirim ke maskapai pada Oktober 2011, dan menurut data FlightRadar24.com, telah beroperasi ke Quingdao (TAO), Taipei (TPE), dan Hong Kong (HKG) dalam beberapa hari terakhir. United Airlines dan Ethiopian Airlines adalah di antara maskapai lain yang masih menerbangkan Boeing 787 yang lebih tua sejak 2011 dan 2012.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru