Bandara Helsinki Gunakan Anjing untuk Deteksi Penumpang Terinfeksi Covid-19

0
anjing di Bandara Helsinki (internationalairportreview.com)

Anjing digunakan dalam mendeteksi virus corona atau Covid-19? Ya, ini sudah dilakukan oleh Bandara Helsinki (HEL), Finlandia, di mana mereka menurunkan sebanyak 16 ekor anjing untuk mengidentifikasi penumpang yang terinfeksi virus itu.

Baca juga: Bandara Itami Buka Toilet Eksklusif Untuk Anjing

Anjing-anjing ini memiliki hidung sensitif yang dapat mempercepat proses identifikasi mereka yang terinfeksi Covid-19. Bisa dikatakan Kota Vantaa di mana Bandara Helsinki ini ada percaya bahwa anjing menjadi salah satu metode yang efisien untuk memastikan kesehatan dan keselamatan bandara.

“Rencana ini akan dimulai pada 22 September 2020 dan pertama di dunia. Tidak ada bandara lain yang mencoba menggunakan deteksi bau anjing dalam skala besar terhadap Covid-19. Kami senang dengan inisiatif kota Vantaa. Ini mungkin merupakan langkah maju tambahan untuk mengalahkan COVID-19,” kata Direktur Bandara Helsinki Ulla Lettijeff yang dikutip KabarPenumpang.com dari internationalairportreview.com (21/9/2020).

Namun apakah penggunaan penciuman anjing untuk mendeteksi virus ini efektif? Menurut tes yang dilakukan oleh kelompok peneliti di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Helsinki, anjing dapat mencium virus dengan hampir seratus persen kepastian.

Bahkan anjing juga dapat mengidentifikasi virus beberapa hari sebelum gejalanya dimulai. Di mana ini adalah sesuatu yang gagal dilakukan oleh tes laboratorium. Anjing juga ternyata dapat mengidentifikasi Covid-19 dari sampel yang jauh lebih kecil daripada tes PCR yang digunakan oleh profesional kesehatan.

Perbedaannya sangat besar, karena seekor anjing hanya membutuhkan 10-100 molekul untuk mengidentifikasi virus, sedangkan peralatan uji membutuhkan 18 juta. Anjing Helsinki Airport Covid-19 dilatih oleh Wise Nose. Nose Academy, perusahaan startup grup riset, menjalankan operasi di bandara.

Di masa depan, anjing bea cukai mungkin menggantikan operator saat ini. Pengujian Covid-19 resmi dengan anjing terlatih hanya dapat dimulai setelah amandemen legislatif yang sesuai telah disahkan. Melakukan tes anjing Covid-19 di Bandara Helsinki tidak termasuk kontak langsung dengan anjing tersebut.

Sebaliknya, anjing akan melakukan tugasnya di bilik terpisah. Mereka yang mengikuti tes akan mengusap kulit mereka dengan tes lap dan menjatuhkannya ke dalam cangkir, yang kemudian diberikan kepada anjing. Ini juga melindungi pawang anjing dari infeksi.

Semua tes diproses secara anonim dan jika hasil tes positif, penumpang akan diarahkan ke titik informasi kesehatan yang dikelola oleh kota Vantaa yang terletak di bandara. Ke depan, empat anjing akan bekerja di bandara selama shift dan durasi setiap shift tergantung pada anjingnya.

Baca juga: Swiss Uji Coba Aplikasi Pendeteksi Covid-19

Hampir semua anjing pernah melakukan deteksi bau. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar mengidentifikasi Covid-19 bergantung pada latar belakang anjing tersebut. Salah satu anjing yang akan segera bekerja di Bandara Helsinki adalah anjing greyhound berusia delapan tahun bernama Kössi, yang belajar mengenali baunya hanya dalam tujuh menit.

Leave a Reply