Bandara Ngurah Rai Musnahkah Ratusan Tongsis, Bagaimana dengan Regulasi di Luar Sana?

Sumber: istimewa

Sektor aviasi global tercatat sebagai perjalanan yang paling aman di dunia – walaupun ketika terjadi kecelakaan, hampir tidak ada harapan lagi untuk bisa bertahan hidup. Terlepas dari kasus kecelakaan, pengamanan yang dijalankan oleh para petugas bandara maupun maskapai bisa dibilang sangat ketat. Banyak barang yang tidka boleh dibawa oleh penumpang ke dalam kabin, mulai dari benda tajam, gunting kuku, sejumlah alat elektronik, dan perangkat penunjang ponsel pintar.

Baca Juga: Setelah 2 Tahun Berlalu, Bagaimana Nasib Pembangunan Bandara Bali Utara?

Pada awal bulan Agustus kemarin, Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kembali menggelar pemusnahan barang yang dinilai berbahaya dari penumpang. Pemusnahan ini dilakukan karena barang-barang tersebut tidak sesuai dengan aturan yang mengatur tentang barang yang diperbolehkan untuk dibawa masuk dalam pesawat udara.

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman tribunnews.com (7/8), ribuan barang yang berhasil disita petugas keamanan bandara ini terdiri dari: 217 unit powerbank, 112 unit korek gas, 855 unit tongsis atau tongkat swafoto, dan satu karung berisikan barang tajam seperti gunting, pisau, hingga cutter. Adapun barang-barang ini berhasil dikumpulkan petugas hanya dalam rentang waktu tiga bulan saja – dari mulai Maret hingga Mei 2019.

Pemusnahan barang-barang terlarang ini membuktikan bahwa PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandara terus berupaya untuk mewujudkan komitmen mereka – penerbangan selalu dalam keadaan aman dan selamat.

Lalu bagaimana dengan yang ada di luar sana? Apakah pihak maskapai atau pengelola bandara memberlakukan standar yang sama terhadap tongsis ini?

Mengutip dari laman sumber lain, banyak maskapai penerbangan asing di luar sana yang bahkan tidak melarang penumpangnya untuk menggunakan tongsis di dalam penerbangan mereka selama tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan penumpang lainnya.

Sebut saja Singapore Airlines yang mengatakan bahwa pihak maskapai tidak memiliki regulasi khusus yang mengatur soal keberadaan tongsis di dalam kabin. Sama halnya dengan beberapa maskapai kenamaan lain seperti American Airlines, Virgin Atlantic, EasyJet hingga British Airways.

Baca Juga: Priiit..! Dilarang Selfie di Tempat-Tempat Berikut Ini

Namun ada Air France yang ternyata tidak mengijinkan penumpangnya untuk menggunakan tongsis selama perjalanan, maupun ketika masih di darat. Tidak hanya melarang, namun pihak maskapai juga tidak mengijinkan penumpang untuk membawanya masuk ke dalam kabin.