Perspektif di Amerika Serikat, Ternyata Wrapping Barang Bawaan Itu Penting!

0
(fodors.com )

Seringkali ketika di bandara dan hendak bepergian ke suatu tempat, banyak pelancong yang wrapping tas, koper atau barang lainnya. Entah apa maksudnya dan sebenarnya apa saja kegunaan mem-wrapping barang sebelum bepergian dengan pesawat?

Baca juga: Otoritas Penerbangan Pakistan Wajibkan Penumpang Gunakan Baggage Wrapping

KabarPenumpang.com merangkum laman fodors.com (6/9/2019), ternyata wrapping atau membungkus dengan plastik ini sangat banyak manfaatnya. Bila di Indonesia, masih banyak yang menganggap wrapping ini aneh, tetapi pelancong internasional melakukannya setiap saat.

Sebenarnya dengan mem-wrapping tas, keamanan, barang bawaan seseorang lebih terjamin karena bila ada orang yang akan mengambil sesuatu dari dalam tas tidak akan bisa melakukannya dan bila terjadi akan langsung ketahuan. Selain itu, tas juga aman dari penyelundupan obat-obatan terlarang, senjata atau pun bahan peledak saat dilakukannya pemeriksaan.

Tak hanya itu, manfaat lainnya membungkus koper dengan plastik adalah menurunkan kemungkinan koper usang atau empuk akan pecah dan terbuka ketika transit. Ini juga membungkus kait dan ritsleting yang rusak ketika bepergian. Koper yang terbungkus juga bisa melindungi dari bantingan, goresan, minyak, salju atau hujan.

Layanan wrapping di bandara, bisa ditemui pelancong sebelum pemeriksaan keamanan.Tetapi terkadang letak layanan wrapping ada di dekat konter check in.

Di Amerika Serikat, hanya ada beberapa bandara yang menawarkan layanan ini seperti Bandara Internasional Miami (MIA), Bandara Internasional JFK New York (JFK), dan Bandara George Bush Intercontinental (IAH) Houston, semua dioperasikan oleh Secure Wrap. Sedangkan Fort Lauderdale – Bandara Internasional Hollywood (FLL), dioperasikan oleh Bags To Go dan Bandara Internasional Seattle-Tacoma (SEA), dioperasikan oleh Smarte Carte.

Membungkus tas dengan plastik cukup mudah dengan meletakkan tas diatas mesin dan hanya memakan waktu satu menit. Plastiknya pun bisa didaur ulang sehingga tidak menjadi limbah begitu saja. Untuk biaya wrapping sendiri tergantung ukuran dan berat koper itu sendiri.

Baca juga: Luggage Wrapping di Bandara, Seberapa Besarkah Perannya Untuk Melindungi Koper Anda?

Di Amerika Serikat, dengan membayar $15 untuk membungkus koper ukuran standar dan $22 untuk barang yang tidak beratur bentuknya seperti papan selancar, sepeda dan alat olahraga lainnya. Selain keamanan tas terjaga, pelancong bisa mendapat manfaat dan jaminan ketika melakukan wrapping tas. Jaminan tersebut yakni penggantian biaya ketika tas rusak ataupun hilang.

Leave a Reply