Bandara Radin Inten II Semakin Keren dengan Lorong Fiberglass

Banadara Radin Inten II

Siapa yang tak kenal Lampung, Provinsi paling selatan di Pulau Sumatera? Bukan hanya terkenal dengan kota kopi dan pelabuhan Bakauheni serta pintu masuk menuju provinsi lain di Sumatera. Lampung sekarang juga terkenal dengan bandaranya yang baru saja menjadi Bandara Internasional yang awalnya hanya bandara domestik saja.

Bandara Lampung diberi nama Radin Inten II yang menjadi salah seorang Pahlawan Nasional asal Lampung. Bandara ini dikelola dan dimiliki oleh Kementerian Perhubungan, padahal bandara Radin Inten II masuk dalam kawasan PT Angkasa Pura II (Persero). Pada tahun 2016 lalu, bandara ini diperbesar agar bisa menjadi embarkasi haji tahun 2017 dan menerima pesawat dengan body yang lebar untuk.

Tak hanya itu, bandara ini pada Januari 2017 yang sudah berbenah infrastruktur salah satunya adalah lorong sepanjang 120 meter menghubungkan gedung terminal kedatangan – keberangkatan dengan gedung parkir empat lantai. Bentuknya yang unik seperti ular yang panjang dan berwarna cerah menarik perhatian masyarakat.

Lorong fiberglass dari terminal kedatangan-keberangkatan menuju tempat parkir

Lorong ini dibuat dari fiberglass warna warni sehingga banyak penumpang yang menyempatkan diri untuk berfoto karena bentuknya yang unik. Tak hanya lorong kedatangan – keberangkatan saja, lahan parkir pun mampu memuat 400 kendaraan. Selain itu, landasan pacu yang sebelumnya hanya 2.500 meter diperpanjang menjadi 3.200 meter.

Adapun saat ini setelah di perbaharui, bandara Radin Inten II mampu melayani penerbangan hingga 8000 penumpang perhari atau tiga juta penumpang pertahunnya. Bandara di bawah naungan Kementerian Perhubungan ini dilayani maskapai-maskapai Indonesia seperti Garuda Indonesia tujuan Batam, Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta), Garuda Indoensia/ Explore Garuda tujuan Palembang. Batik Air tujuan Jakarta (Halim Perdana Kusuma) dan Medan, Lion Air tujuan Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) dan Wings Air tujuan Bandung dan Palembang.

Bandara Radin Inten II juga melayani penerbangan Express Air tujuan Bandung dan Palembang, Sriwijaya Air tujuan Batam, Jakarta (Soekarno-Hatta), Surabaya dan Yogyakarta. Nam Air tujuan Jakarta (Soekarno-Hatta) dan Susi Air tujuan Krui.

Semakin besar bandara Radin Inten II, aktivitasnya pun semakin banyak, dengan terminal kedatangan dan keberangkatan yang semakin mewah. Ini membuat Lampung bisa menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun internasional, sebab bandara sudah bisa melayani pesawat dengan body lebar. Tak hanya itu, bandara Radin Inten II menambah banyak bandara yang diperluas.