Bandara Toulouse-Blagnac Uji Coba Truk Otonom Pengangkut Bagasi Penumpang

0
Sumber: newatlas.com

Dapatkah Anda membayangkan masa depan dari sektor aviasi global, dimana semua pekerjaan yang sebelumnya melibatkan tenaga manusia, lambat laun mulai tergantikan oleh teknologi otomatisasi? Belakangan yang tengah ramai dibicarakan adalah kehadiran robot-robot multi fungsi di dalam bandara, dimana robot-robot ini berfungsi untuk mengarahkan penumpang menuju gerbang keberangkatan. Itu baru sebagian kecil dari teknologi yang berkembang – belum lagi era otomatisasi yang juga perlahan mulai merambah ke apron.

Baca Juga: Antara Fakta dan Mitos Pada Penerapan Mobil Otonom

Sebut saja Bandara Toulouse-Blagnac di Perancis yang tercatat menjadi bandara pertama di dunia yang menguji coba mobil traktor otonom dalam skala penuh dan kondisi layanan sesungguhnya. Adalah Autonom Tract AT135, moda otonom rakitan Charlatte Autonom diklaim memiliki banyak sekali sensor yang akan menunjang pengoperasian komersialnya kelak. Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (8/12), hadirnya AT135 ini akan mempercepat proses pemindahan bagasi penumpang dari area terminal menuju pesawat, ataupun sebaliknya.

Sepintas, AT135 ini tampak seperti traktor pengangkut bagasi biasa – namun ketika Anda menilik ke bagian dalamnya, Anda akan menemukan tombol switch yang dapat mengubah fungsi kendaraan – dari otonom menjadi manual, ataupun sebaliknya.

Moda ini ditenagai oleh baterai 32kWh yang memberikan kecepatan tertinggi di angka 24km/jam, dengan maksimal beban angkut 25 ton.

Nampaknya pemangku kepentingan setempat tidak tanggung-tanggung dalam mengembangkan project ini, mengingat ‘aktor-aktor’ utama yang bermain di project pengadaan moda otonom ini berisikan perusahaan-perusahaan raksasa, seperti Navya (pemasok sistem kemudi otonom), Groupe 3S (memiliki keahlian di ground handling), Air France, Bandara Toulouse-Blagnac, serta TCR yang bertanggung jawab seputar masalah pemeliharaan dan pengoperasian.

Baca Juga: Di 2020, Uber dan Volvo Siap Uji Mobil Otonom Generasi Ketiga

“Uji coba ini merupakan langkah awal bagi kami untuk meluncurkan kendaraan sejenis di bandara-bandara lain,” tutur Vincent Euzeby, head of IT & Tech Innovation di Air France.

Jika ditelaah sedikit lebih dalam lagi, kehadiran moda otonom semacam ini di apron akan meminimalisir human error yang mungkin ditimbulkan ketika bekerja. Jika tugas manusia sudah muali tergantikan dengan kehadiran teknologi seperti ini, maka mereka bisa ditempatkan di ‘sisi’ lain yang membutuhkan perhatian khusus.