Bayi Tertinggal di Ruang Boarding, Ibu Panik dan Pesawat Terpaksa “Return to Base”

Ilustrasi seorang bayi

Umumnya pesawat yang melakukan return to base dikarenakan kendala teknis, dimana pilot tak ingin ambil risiko atas keselamatan penerbangan. Namun belum lama ini diberitakan pesawat yang melakukan return to base (RTB) dikarenakan faktor non teknis, persisnya salah seorang penumpang panik setelah mengetahui anaknya yang masih bayi tertinggal di ruang tunggu keberangkatan.

Baca juga: Bayi 5 Bulan Keliling 50 Negara Bagian Amerika Serikat

Mungkin ini terdengar lucu, tetapi faktanya pesawat Boeing 787-900 Dreamliner Saudi Arabian Airlines harus RTB untuk menjemput sang bayi yang tertinggal di ruang tunggu Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Dilansir KabarPenumpang.com dari simpleflying.com (12/3/2019), insiden unik ini terjadi dalam penerbangan Saudi Airlines SV832 dari Jeddah dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketika seorang penumpang menyadari bahwa mereka telah salah meletakkan sesuatu yang agak penting. Awalnya mereka memeriksa kantong dan ponsel mereka, tetapi meskipun puas masih merasa tidak nyaman. Tapi kemudian mereka tiba-tiba menyadari bahwa bayi mereka telah tertinggal di ruang tunggu.

Sebuah video yang diunggah ke Youtube menampilkan percakapan pilot dan petugas pengawas penerbangan karena insiden unik ini.

“Semoga Tuhan bersama kita, apakah kami boleh kembali?” ujar pilot tersebut ke petugas lalu lintas udara.

Kemudian, petugas tak langsung menjawab dan berdiskusi dengan rekannya setelah mendapat nomor penerbangan untuk melakukan protokol yang harus dijalankan.

“Sebuah pesawat meminta izin kembali ke bandara… Seorang penumpang meninggalkan bayinya di ruang tunggu, kasihan sekali,” ujarnya.

Namun, petugas pengawas tersebut tidak percaya akan hal itu dan meminta pilot mengulangi alasannya meminta izin kembali ke bandara. “Kami sudah bilang, seorang penumpang meninggalkan bayinya di terminal dan menolak melanjutkan penerbangannya,” kata pilot itu.

Akhirnya dengan alasan tersebut, petugas pengawas ATC akhirnya mengizinkan kembali dan mereka mengatakan insiden unik ini adalah kasus pertama yang ditangani mereka.

Saat kembali ke bandara, si ibu bertemu dengan bayinya dan pesawat Boeing 787-9 dengan nomor penerbangan SV832 tersebut melanjutkan penerbangannya setelah 42 ment tertunda. Video yang kemudian menjadi viral tersebut mendapat tanggapan beragam dari warganet yang menyaksikan video itu.

Baca juga: Alami Kelainan Genetika, Ibu dan Balitanya ‘Diusir’ dari Penerbangan American Airlines

Mereka lebih banyak memuji sang pilot karena rasa kemanusiaannya dan membuat insiden itu menjadi masalah darurat sehingga pesawat dengan mudah kembali mendapatkan izin ke bandara untuk mempertemukan ibu dan bayi serta membawanya kembali dalam penerbangan.