Begini ‘Cara’ Bandara Mampu Menguras Kocek Penumpang

Toko buku Powell's di Bandara Internasional Portland

Ruang tunggu di bandara, biasanya dibuat senyaman mungkin bagi para penumpang yang harus menghabiskan waktu sebelum pesawat berangkat. Namun, kenyamanan ini juga bisa membuat penumpang menghabiskan uang lebih banyak.

Baca juga: Terungkap! Banyak Belokan Ke Kiri, Buat Calon Penumpang Lebih Banyak Belanja di Bandara

Kenapa? Hal ini dikarenakan sebagai awal sebelum merasakan perjalanan baik untuk liburan maupun bisnis akan menyenangkan dan menarik. Tetapi ini bisa berubah dengan drastis dan menjadi tidak menarik ketika penerbangan ditunda ataupun dibatalkan.

KabarPenumpang.com merangkum dari express.co.uk, bahwa banyak yang tidak disadari penumpang saat bandara memiliki cara cerdas untuk membuat mereka mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya. Seperti makanan dan minuman di bandara yang memang mahal dari gerai biasanya sehingga membuat para pengunjung kadang terkejut karena harga yang tertera pada gerai makanan dan minuman di bandara.

Ada salah satu bandara di Texas yakni Dallas Fort Worth Airport yang memasang jendela kaca baru di dekat beberapa gerbang keberangkatan mereka. Kaca ini bisa menyaring sinar matahari dan mampu menyurangi panas serta silau dari cahaya matahari sehingga membuat penumpang lebih nyaman.

Tapi, dengan adanya kaca tersebut ternyata ada efek samping yakni penumpang bisa menghabiskan uang lebih banyak untuk makan. Salah satunya adalah restoran Twisted Root yang meningkat 102 persen dari tahun ke tahun setelah ada kaca yang dipasang di sebelahnya.

Kaca tersebut mungkin yang membuat para penumpang berada di tempat makan ini karena lebih sejuk. Tingkat penumpang duduk berlama-lama naik sebesar 83 persen sementara suhu di daerah tersebut menurun 10-15 derajat.

CEO Bandara Dallas Fort Worth (DFW), Sean Donohue mengatakan, DFW merupakan bandara netral karbon terbesar di dunia. Pihaknya juga terus menerus mengevaluasi teknologi dan solusi baru di seluruh bandara untuk mengidentifikasi perbaikan demi memberikan pengalaman penumpang yang lebih baik.

“Kami sangat senang melihat efek positif pada pengalaman pelanggan dan bagaimana kaca mengubah perilaku pelanggan dengan lebih sedikit silau dan suhu yang lebih dingin,” ujar Donohue.

Tetapi kaca bukanlah satu-satunya cara untuk membuat penumpang mengeluarkan uang mereka, karpet ternyata memiliki pengaruh yang tak jauh berbeda. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa karpet terlihat lebih santai dibandingkan lantai kayu di bandara yang memberi efek menenangkan pada penumpang.

Baca juga: Bandara Lapisi Lantai dengan Karpet, Ternyata Ini Alasannya!

Diketahui, orang-orang menghabiskan tujuh persen lebih banyak untuk barang ritel dan sepuluh persen uang ketika mereka merasa nyaman. Rata-rata £82 atau sekitar Rp1,5 juta dihabiskan penumpang ketika di bandara dan ini mungkin lebih banyak dari uang yang digunakan untuk membeli tiket.

Salah satu cara mudah untuk mengurangi hal tersebut adalah membawa botol air kosong ke gerbang ruang tunggu. Sebab dengan botol kosong ini, penumpang bisa mengisi air minum mereka di keran gratis setelah melewati keamanan bandara.