Berkat Check-in Tanpa Sentuhan, Changi Dinobatkan Jadi Bandara Teraman di Dunia

0

Bandara di masa pandemi bagaimana nasibnya? Yang jelas hampir semua bandara di seluruh dunia mengalami penurunan penumpang akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, keamanan dan kenyamanan penumpang di masa pandemi ini tetap terjaga baik dari pintu masuk hingga ruang tunggu serta kedatangan.

Baca juga: Yang Pertama, Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino Raih Peringkat “Bintang Lima Covid-19” dari Skytrax

Meski ikut mengalami penurunan jumlah penumpang, ternyata Bandara Changi Singapura menduduki tempat teratas daftar Safe Travel Barometer untuk bandara teraman di dunia. Di mana Safe Travel Barometer menilai lebih dari 200 bandara dengan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan Covid-19.

KabarPenumpang.com melansir laman ttgasia.com (15/9/2020), Bandara Changi mendapatkan Skor Perjalanan Aman 4,7 dari 5. Hasil ini didapatkan karena tindakan keamanan yang diambil oleh bandara termasuk penerapan inisiatif tanpa sentuhan untuk pengalaman penumpang diseluruh area sisi darat dan udara.

Hal ini termasuk kios check in yang menggunakan sensor dan sistem imigrasi berbasis biometrik untuk menghilangkan pemindaian sidik jari. Skor Perjalanan Aman merupakan inisiatif peringkat pertama di industri berdasarkan audit independen di lebih dari 200 bandara dan 20 langkah kesehatan dan keselamatan pelancong yang diumumkan oleh bandara.

Di bawah Bandara Changi, ada Bandara Frankfurt, Bandara Internasional Shuangliu Chengdu dan Bandara Internasional Indira Gandhi Delhi yang memiliki Skor Perjalanan Aman 4,6 dari 5. Sedangkan Bandara Internasional Abu Dhabi UEA dan Bandara Internasional Dubai memiliki skor 4,5.

Bandara lain yang berhasil masuk dalam sepuluh besar dunia dan memiliki skor 4,3 dari 5 adalah Bandara Internasional Bengaluru Kempegowda, Bandara Internasional Hong Kong, Bandara Internasional Ibukota Beijing dan London Heathrow. Sedangkan bandara di Amerika Utara tidak ada satu pun yang masuk dalam sepuluh besar dunia karena lambat pelaksanaannya.

Sebelumnya bahkan Skytrax menjadikan Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino di Roma sebagai yang pertama di dunia menerima peringkat Bandara Bintang 5 Covid-19. Skytrax melakukan audit selama tiga hari pada awal bulan September ini.

Baca juga: Bandara Seattle-Tacoma Kerahkan Robot Pembersih Lantai dan Teknologi Canggih Lawan Corona

Otoritas bandara ini memberikan kejelasan terkait protokol Covid-19 melalui papan pengumuman dan sistem informasi yang efektif dengan kejelasan sangat baik. Di area dengan pergerakan tinggi di terminal, bandara memiliki Tim Bio-Safety internal yang terdiri dari 40 staf yang memfasilitasi jarak sosial dan memastikan kepatuhan terhadap penggunaan masker wajah.

Leave a Reply