Berkiblat ke Eropa dan Jepang, Ridwan Kamil Usulkan Pembuatan Gerbong Khusus Sepeda

(mainsepeda.blogspot.com)

Selain mengaktifkan empat jalur kereta mati di Jawa Barat dan membuatnya seperti di Eropa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga berencana membuat gerbong khusus sepeda. Hal ini pun ternyata ingin dilakukan PT kereta Api Indonesia (KAI), agar penumpang bisa berwisata menggunakan kereta. Namun usulan Kang Emil panggilan akrab mantan Wali Kota Bandung tersebut dan rencana PT KAI masih dipertimbangkan.

Baca juga: Sepeda Kini Tanpa Dilipat Bisa Masuk Ke Gerbong Kereta

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, rencana dan usulan Ridwan Kamil tersebut tengah dikaji pihaknya. Ia mengungkapkan bila ini jadi, maka akan ada satu gerbong khusus untuk sepeda. Sehingga penumpang yang membawa sepeda bisa menikmati pemandangan alam.

Sebab selama ini, sepeda yang bisa masuk dalam gerbong kereta jarak jauh maupun KRL adalah sepeda lipat. Sehingga sepede besar seperti sepeda gunung harus dikirimkan melalui Kalog atau pengiriman ekspedisi lain.

“Mungkin satu kereta atau gerbong beri sepeda untuk memudahkan saat dia sudah tiba di destinasi. Dia sampai di Bandung tinggal turunkan sepeda,” kata Edi yang dikutip KabarPenumpang.com dari detik.com.

Karena Kang Emil mengatakan akan membuat Jabar sperti Eropa, sebenarnya sebelum usulannya terkait sepeda dalam gerbong kereta api, layanan kereta Eropa seperti di Inggris sudah menyediakan gerbong khusus membawa sepeda yang notabene sepeda besar alias bukan sepeda lipat seperti yang biasanya. Namun sepeda ukuran besar ini bisa masuk ke gerbong kereta ketika bukan jam sibuk dan akhir pekan.

Tetapi pengguna kereta yang membawa sepeda di Eropa juga mau tak mau harus mengalah dengan yang lain, bahkan menari-cari gerbong kosong khusus sepeda. Hal ini dikarenakan gerbong tersebut terkadang sudah diisi dengan berbagai barang penumpang lain seperti kursi roda dan tas.

Ternyata tak hanya Eropa, Jepang pada Desember 2017 lalu juga meluncurkan gerbong kereta yang dikhususkan untuk pengguna sepeda. Kehadirannya ini hanya ada di setiap akhir pekan yag menghubungkan Ryogoku di Tokyo ke berbagai kota pesisi di Semenanjung Boso.

Baca juga: Semakin Sulit Bawa Sepeda di Kereta, Inilah Curhat Pesepeda di London

Nantinya jika gerbong kereta khusus sepeda tersebut bisa terealisasikan, pengguna kereta api yang juga pengguna sepeda baik itu perorangan maupun komunitas bisa menikmati kemudahan ini tanpa harus terbebani meninggalkan sepeda mereka di rumah atau mengirimkannya melalui ekspedisi.