Berlin Mulai Operasikan Bus Artikulasi Listrik Pertama

0
Bus listrik isi ulang daya dengan pantograf (electrive.com)

Otoritas transportasi Berlin BVG atau Berliner Verkehrsbetriebe sudah menambahkan bus artikulasi (bus gandeng) listrik pertama ke armadanya sebagai bagian dari proyek penelitian. Di mana BVG baru-baru ini menambahkan listrik Solaris Urbino 18 yang merupakan bus listrik artikulasi pertama ke armadanya.

Baca juga: Implementasi Bus Listrik, Tak Hanya Berbicara Armada Tapi Juga Sistem Pendukung

Bus listrik tersebut berada di rute 200 yang akan menjadi bagian proyek penelitian dan pengembangan E-MetroBus. KabarPenumpang.com melansir dari laman electrive.com (5/4/2020), nantinya ada 16 kendaraan lagi yang akan menyusul dalam beberapa minggu mendatang.

Setelah uji coba singkat E-Schlenkis yang disebut oleh operator transportasi Berlin akan mengambil alih semua perjalanan pada rute 200 di musim panas. Rolf Erfurt yang bertanggung jawab untuk operasi BVG menggambarkan bus listrik yang diartikulasi sebagai terobosan untuk mobilitas listrik di Berlin.

Ini tidak berbeda dengan London, sebab armada bus Berlin mengandalkan armada-armada besar. Untuk mengisi daya bus Solaris, BVG memilih untuk pengisian cepat dengan pantograf di halte maupun terminal. Akan ada dua pengisi daya pantograf yakni yang pertama dari Siemens dan sudah di pasang di Kebun Binatang Bahnhof serta stasiun pusat bekas Berlin Barat.

Mitra lainnya di E-MetroBus adalah TU Berlin dan Reiner Lemoine Institute, mereka akan menguji kendaraan dan infrastruktur. Menurut BVG, volume proyek berjumlah total €16,74 juta dan yang akan menanggng sebagian besar biaya adalah operator transit hingga jumlah yang dikeluarkan oleh bus diesel yang sebanding.

Selain itu dana tambahan juga datang dari Kementerian Federal Transportasi dan Infrastruktur Digital dengan total €4,3 juta. Menurut makalah Tagesspiegel, pendanaan berfokus pada dua stasiun pengisian pantograf. Sedangkan sisa pendanaan untuk bus listrik akan ditanggung negara bagian Berlin.

Untuk diketahui, saat ini BVG telah memesan 90 bus elekrtik dari Solaris dan dimulai dari model Urbino 12 Electric yang sudah masuk layanan saat ini. BVG mengkonfirmasi laporan sebelumnya dan awalan pengiriman pada bulan Maret.

Pengiriman batch pertama dari 30 listrik akan selesai di Berlin bulan ini. Sedangkan 60 lainnya akan mengikuti dari awal Agustus hingga akhir tahun. Selain itu 15 bus Mercedes dan Solaris sudah dikirim tahun lalu dan satu kendaraan dari kampus riset Mobility2Grid.

Baca juga: Malaga, Kota Pertama di Eropa yang Operasikan Bus Listrik Otonom di Jalan Raya

Sehingga total armada BVG adalah 121 all electric single deckers. Bus elektrik baru ini nantinya akan melayani seluuh rute yakni 142, 259, 300, 347, 147, 155, 250, 294 dan N50. BVG juga menambah 83 titik pengisian ke 30 stasiun pengisian yang ada.

Leave a Reply