Biar Kulit Tetap Sehat Saat Traveling, Ini Dia Kuncinya!

0
ilustrasi menggunakan sunscream untuk menjaga kulit

Sebagai seorang pelancong, terkadang Anda sering melupakan kebersihan kulit terutama wajah. Apalagi bila sudah menikmati indahnya pemandangan di tempat tujuan. Tetapi, sebaiknya jangan biarkah hal itu terjadi, karena debu dan kotoran yang menempel bisa membuat kulit wajah Anda kusam bahkan rusak.

Baca juga: Ini Dia! Tips Cantik ala Pramugari

Sebab bila kulit kusam tidak akan sedap dipandang mata dan akan muncul jerawat bahkan flek hitam. Kulit yang kusam bisa terjadi akibat kurangnya cairan dari dalam tubuh yang menyebabkan kulit dehidrasi dan membuatnya kering.

Tubuh yang kekurangan cairan akan lebih banyak mengeluarkan minyak dari pori-pori kulit terutama bagian wajah. Jika minyak ini berlebihan, maka debu dan kotoran akan mudah menempel sehingga wajah terlihat kusam.

Memang, orang Indonesia memiliki kulit sawo matang atau biasa pelancong luar negeri mengatakan eksotis. Tetapi eksotis beda dengan kulit yang kusam.

Memiliki kulit yang eksotis tak masalah sebenarnya, karena memang tipikal kulit orang Indonesia cenderung berwarna gelap. Untuk membuat kulit kembali cerah akibat kekusaman, Anda bisa melakukannya di rumah ataupun ke salon kecantikan seperti scrubbing atau menggunakan masker.

Scrubbing diperlukan untuk perawatan sehingga bisa mencerahkan kembali kulit wajah dengan pengangkatan kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori wajah Anda. Selain itu juga membantu mengangkat sel kulit mati yang juga menjadi penyebab kulit terlihat kusam.

Tak hanya dengan scrubbing, menggunakan masker juga bisa membantu Anda mengurangi kekusaman wajah. Mungkin Anda yang sedang melakukan perjalan jauh agak sulit melakukan kedua hal tersebut.

Tetapi Anda bisa melakukannya dengan cara mudah pastikan membawa krim wajah yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, sabun cuci muka atau produk perawatan wajah lainnya. Bila Anda tiba di salah satu tujuan wisata, bisa mencuci muka untuk menyegarkan wajah dan menghilangkan debu serta kotoran yang menempel. Tetapi jika tidak sempat baiknya gunakan tisu basah untuk melap muka.

Baca juga: Terbang Nonstop Lebih dari 16 Jam, Ini Yang Mungkin Terjadi Pada Anda

Jangan lupa untuk minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik dan kelembapan kulit terjaga. Apalagi jika Anda pergi menggunakan kendaraan yang ber-AC, kulit akan cepat kering bila tak terhidrasi dengan baik. Konsumsi buah-buahan juga bisa memberi nutrisi yang diperlukan kulit.

Leave a Reply